Page 10 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 10
4. Macam Media dan Aktivitas Teknologi Pendidikan untuk Generasi Z .............................. 89
a. E-Learning “Portal Rumah Belajar” .................................................................... 89
b. E-Sabak (Penggunaan Tablet) ............................................................................ 91
c. Media Kahoot .................................................................................................. 93
5. Kata Kunci ......................................................................................................... 97
BAB IV. PEMBELAJARAN GENERASI Z ................................................................................... 99
1. Pendahuluan .................................................................................................... 102
2. Penggunaan Konten Internet dalam Meningkatkan Ketertarikan Terhadap Materi .......... 103
3. Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahas Inggris ...................... 105
4. Perilaku Generasi Z dalam Memanfaatkan Internet ................................................. 109
5. Kata Kunci ....................................................................................................... 110
BAB V.MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN INTEGRASINYA DENGAN TIK ........................... 112
1. Pendahuluan .................................................................................................... 114
2. Pentingnya Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan ................................................ 115
3. Optimalisasi SDM dalam Pendidikan ...................................................................... 118
a. Kepuasan Seorang PNS .................................................................................. 118
b. Kompetensi TIK untuk Guru ............................................................................. 121
c. Asesmen Profesional Lanjutan Guru Melalui Mobile Phone ..................................... 125
d. Pengukuran Efikasi Diri (Self-Efficacy) pada Guru Sains ....................................... 127
4. Kata Kunci ....................................................................................................... 129
BAB VI. INTEGRASI TIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN DAN KURIKULUM ................................... 133
1. Pendahuluan .................................................................................................... 135
2. Pengembangan TIK untuk Meningkatkan Kualitas Hidup dan Kebahagiaan Suku Baduy ..... 136
3. Integrasi Model Pembelajaran TIK untuk Wilayah Terdampak Bencana Alam ................. 139
4. Implementasi TIK dalam Kurikulum Pembelajaran Jarak Jauh .................................... 141
5. Kata Kunci ....................................................................................................... 142
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................................... 144
BIOGRAFI PENULIS ......................................................................................................... 148
Pendidikan Untuk Generasi Z vii