Page 31 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 31

Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  (TIK)  memiliki  segudang  manfaat  dalam
























                                                                                                                   meningkatkan pendidikan di Indonesia (Warsihna, 2016). Ada banyak media-media yang berbasis

























                                                                                                                   TIK yang dapat dijadikan sumber pembelajaran, diantaranya sebagai berikut:

























                                                                                                                   1)                                  TELEVISI (TV)
























                                                                                                                                                                                                        TV termasuk ke dalam sarana yang efektif dalam memberikan informasi, menghibur

























                                                                                                                                                       bahkan sebagai sarana pendidikan. Kebiasaan masyarakat Indonesia sebelum adanya TV
























                                                                                                                                                       dimanfaatkan  untuk  berkumpul  bersama  dengan  keluarga,  misalnya  membicarakan

























                                                                                                                                                       sesuatu yang menarik, membaca bersama kitab suci atau saling mendengarkan cerita
























                                                                                                                                                       secara  lisan  dari  anggota  yang  lainnya.  Namun,  kondisinya  sekarang  TV  terkadang

























                                                                                                                                                       menggantikan situasi tersebut. Kebiasan-kebiasaan yang biasa dilakukan itu tergantikan

























                                                                                                                                                       dengan menonton berbagai tayangan dan program yang disediakan TV.
























                                                                                                                                                                                                        Survei  yang  dilakukan  oleh  Nielsen  (2014)  menyajikan  data  terkait  kebiasaan

























                                                                                                                                                       masyarakat  Indonesia  dalam  menghabiskan  waktunya  dengan  mengkonsumsi  TV.  Hal

























                                                                                                                                                       tersebut terjadi pada seluruh wilayah di Indonesia. Sebagai persentase yang disajikan
























                                                                                                                                                       menunjukkan bahwa sebanyak 95%, masyarakat menggunakan TV sebagai media informasi

























                                                                                                                                                       dan hiburan mereka. Kemudian disusul oleh media lainnya seperti internet yang mencapai

























                                                                                                                                                       33%, ada radio yang mencapai 20%, lalu surat kabar sebesar 12%, dan sisanya melalui
























                                                                                                                                                       tabloid dan majalah.  Fakta lainnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pola konsumsi

























                                                                                                                                                       media TV antar wilayah, dimana kota-kota di luar Jawa lebih banyak mengkonsumsi TV
























                                                                                                                                                       dibandingkan dengan yang ada di Jawa. Besaran persentasi untuk penggunaan media TV di

























                                                                                                                                                       luar Jawa sebesar 97% sedangkan internet sebesar 32%. Sementara itu, di Jawa sendiri
























                                                                                                                                                       masyarakat  lebih  banyak  mengkonsumsi  internet  yang  lebih  tinggi  sebanyak  34%

























                                                                                                                                                       dibandingkan dengan di luar Jawa.

























                                                                                                                   2) Internet
























                                                                                                                                                                                                        Internet  adalah  dunia  tanpa  batas  yang  memiliki  segudang  informasi,  sehingga

























                                                                                                                                                       hampir seluruh masyarakat didunia ini memanfaatkan akan kemudahan ini. Namun disisi

























                                                                                                                                                       tiu, masih saja ada yang kontra dengan adanya kemudahan internet. Ya, kita tidak bisa




























































                                                        20                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    Pendidikan Untuk Generasi Z
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36