Page 34 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 34

bahasa  dengan  pendekatan  whole  language,  integrative,  dan  communicative.  Proses
























                                                                                                                                                                                        pembuatan audio book ini dilakukan dengan dibaca oleh seseorang atau beberapa orang

























                                                                                                                                                                                        dengan intonasi dan dialek sesuai tuntutan isi buku, bahkan dapat juga diberikan ilustrasi

























                                                                                                                                                                                        sound effect yang dapat memberikan terciptanya suasana. Audio book ini lalu disimpan
























                                                                                                                                                                                        dalam bentuk file digital, mp3 CD, AAC, audio CD, atau format digital yang terintegrasi

























                                                                                                                                                                                        dengan gadget mobile.




















































                                                                                                                6. Peran dan Fungsi TIK dalam Pendidikan Karakter

































                                                                                                                                                                                                            Teknologi komunikasi memiliki peran yang penting dalam pendidikan. Hal ini dikemukakan
























                                                                                                                                                    oleh Clark (1966, dalam Adning & Warshina, 2019) yang menyatakan peranannya sebagai media

























                                                                                                                                                    pembelajaran dapat dilihat melalui lima prespektif, yaitu media sebagai teknologi, media sebagai

























                                                                                                                                                    tutor atau guru, media sebagai agen sosialisasi, media sebagai motivator untuk belajar, dan
























                                                                                                                                                    terakhir media sebagai alat mental untuk berpikir serta memecahkan masalah. Selain itu, Winn

























                                                                                                                                                    (1996,  dalam  (Muhtadi,  2011)  juga  menambahkan  ada  peran  dari  media  dalam  pendidikan

























                                                                                                                                                    diantaranya adalah media pembelajaran yang berfungsi dalam menyampaikan pesan tertentu,
























                                                                                                                                                    media yang berfungsi sebagai lingkungan perantara dimana media tersebut membantu siswa

























                                                                                                                                                    dalam melakukan eksplorasi dan pembentukan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan
























                                                                                                                                                    kognitif yang digunakan sebagai model yang baik. Sangat banyak penelitian mengenai dampak

























                                                                                                                                                    media pendidikan, salah satunya penulis sendiri yang secara khusus meneliti dampak negatif

























                                                                                                                                                    media. Walaupun diluaran sana penelitian lebih banyak dampak positif dalam penggunaan media
























                                                                                                                                                    pendidikan di kelas.

























                                                                                                                                                                                                            Pemanfaatan TIK dalam pendidikan sebagai media pembelajaran bukanlah hal yang baru.
























                                                                                                                                                    Sejarah teknologi pendidikan berbicara, khususnya pemanfaatan media massa dalam konteks

























                                                                                                                                                    pendidikan  adalah  bagian  dari  suatu  revolusi  (Cuban, 1986  dalam  (Warsihna,  2019a).

























                                                                                                                                                    Penggunaan media-media TIK seperti e-book, film, radio, smarphone dan multimedia interaktif
























                                                                                                                                                    telah  menjadi  harapan  masyarakat  sebagai  sarana  dalam  memberikan  solusi  jitu.  Media

























                                                                                                                                                    tersebut dapat membantu manusia dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan
























































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    23
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39