Page 34 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 34
bahasa dengan pendekatan whole language, integrative, dan communicative. Proses
pembuatan audio book ini dilakukan dengan dibaca oleh seseorang atau beberapa orang
dengan intonasi dan dialek sesuai tuntutan isi buku, bahkan dapat juga diberikan ilustrasi
sound effect yang dapat memberikan terciptanya suasana. Audio book ini lalu disimpan
dalam bentuk file digital, mp3 CD, AAC, audio CD, atau format digital yang terintegrasi
dengan gadget mobile.
6. Peran dan Fungsi TIK dalam Pendidikan Karakter
Teknologi komunikasi memiliki peran yang penting dalam pendidikan. Hal ini dikemukakan
oleh Clark (1966, dalam Adning & Warshina, 2019) yang menyatakan peranannya sebagai media
pembelajaran dapat dilihat melalui lima prespektif, yaitu media sebagai teknologi, media sebagai
tutor atau guru, media sebagai agen sosialisasi, media sebagai motivator untuk belajar, dan
terakhir media sebagai alat mental untuk berpikir serta memecahkan masalah. Selain itu, Winn
(1996, dalam (Muhtadi, 2011) juga menambahkan ada peran dari media dalam pendidikan
diantaranya adalah media pembelajaran yang berfungsi dalam menyampaikan pesan tertentu,
media yang berfungsi sebagai lingkungan perantara dimana media tersebut membantu siswa
dalam melakukan eksplorasi dan pembentukan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan
kognitif yang digunakan sebagai model yang baik. Sangat banyak penelitian mengenai dampak
media pendidikan, salah satunya penulis sendiri yang secara khusus meneliti dampak negatif
media. Walaupun diluaran sana penelitian lebih banyak dampak positif dalam penggunaan media
pendidikan di kelas.
Pemanfaatan TIK dalam pendidikan sebagai media pembelajaran bukanlah hal yang baru.
Sejarah teknologi pendidikan berbicara, khususnya pemanfaatan media massa dalam konteks
pendidikan adalah bagian dari suatu revolusi (Cuban, 1986 dalam (Warsihna, 2019a).
Penggunaan media-media TIK seperti e-book, film, radio, smarphone dan multimedia interaktif
telah menjadi harapan masyarakat sebagai sarana dalam memberikan solusi jitu. Media
tersebut dapat membantu manusia dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan
Pendidikan Untuk Generasi Z 23