Page 40 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 40
menuliskan perbuatan kurang menyenangkan orang lain yang telah dilakukan hari ini. Dengan
demikian media facebook dapat dijadikan flatform untuk membangun komunikasi yang lebih
dekat antara guru dengan para siswanya dan sekaligus menanamkan kejujuran pada anak.
Semua media yang penulis paparkan itu akan menimbulkan komunikasi yang positif antara guru,
siswa bahkan orang tua. Karena dapat membantu meningkatkan kualitas interaksi pembelajaran
dan mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran, disamping mengarahkan sikap dan
perilaku siswa ke arah yang lebih baik.
Selanjutnya dengan adanya TIK akan muncul nilai karakter lain yaitu budaya baca. Budaya
baca terlihat ketika guru menugaskan kepada siswanya untuk mencari berbagai informasi di
internet. Setelah mendapatkan informasi, siswa tersebut diminta untuk membuat rangkuman isi
bacaan dan ketika proses pembelajaran disekolah peserta didik disuruh untuk menceritakan
kembali atas apa yang telah dibaca. Akan lebih baik lagi apabila materi atau tulisan dan konten-
konten edukasi yang dibuat sendiri oleh para guru melalui blog atau website sekolah. Di sinilah
kenapa para guru harus mampu menulis dan membuat para peserta didiknya gemar membaca.
Peserta didik yang sudah gemar membaca secara tidak langsung mengasah kemampuan
akademik si peserta didik. Selain itu, pendidikan karakter dapat berjalan secara komprehensif
dalam proses pendidikan di sekolah, maka penerapan pendidikan karakter di sekolah perlu
memegang prinsip-prinsip yaitu pengembangan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang
berkelanjutan mulai dari awal peserta didik masuk sampai selesai dari satuan pendidikan,
melakukan pengembangan diri dan budaya sekolah yang dimplementasikan pada mata pelajaran,
nilai-nilai yang diajarkan harus mengandung makna akan budaya dan karakter bangsa, dan
terakhir proses pendidikan harus dilakukan secara aktif dan menyenangkan antara guru dan
peserta didik.
Pendidikan Untuk Generasi Z 29