Page 44 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 44
B Evaluasi Hasil Belajar
A
D IRMA ADNAN
B D HASCARYO
3
Pendahuluan
Di Universitas Terbuka (UT) dikenal dua jenis evaluasi hasil
belajar (EHB) yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.
Evaluasi formatif bertujuan untuk mendapatkan umpan balik
terhadap keberhasilan belajar atau untuk memperbaiki diri,
bukan untuk memberikan penilaian, berhasil atau gaga!.
Sedangkan evaluasi sumatif bertujuan untuk menilai keberhasilan
mahasiswa dalam menguasai materi belajar. Jadi dengan evaluasi
sumatif dapat ditentukan lulus tidaknya seorang mahasiswa.
Evaluasi formatif diberikan dalam bentuk tes formatif yang
terdapat pada modul dan Latihan Mandiri (LM) yang disajikan
secara online di website UT dan dapat di download oleh
mahasiswa. Baik tes formatif maupun LM memiliki feedback
yang dapat dijadikan patokan oleh mahasiswa dalam mengukur
tingkat pemahamannya terhadap materi modul. Sedangkan
evaluasi sumatif diberikan dalam bentuk tugas dan partisipasi
dalam tutorial, tugas praktek/praktikum, ujian akhir semester
(UAS), serta tugas akhir program (TAP) untuk program S 1 dan
tugas akhir program magister (TAPM) untuk 52.
Ada dua modus tutorial yang diselenggarakan oleh UT yaitu
tutorial tatap muka (TTM) dan tutorial online (Tuton). Selama
proses tutorial, baik pada TTM maupun pada Tuton, mahasiswa
akan diberi 3 tugas. Untuk menjaga dan mengendalikan mutu
dan akuntabilitas proses akademik serta hasil tugas mahasiswa,
maka tugas TTM harus dikerjakan di tempat tutorial dan akan
diberi nilai oleh tutor. Nilai tugas, bersama dengan nilai
35