Page 43 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 43
lmplementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
mengembangkan berbagai ragam bahan ajar yaitu pengembangan paket
bahan ajar multimedia dan bahan ajar suplemen dalam bentuk web
suplemen (suplemen bahan ajar berbasis jaringan), Computer Assisted
Instructional (CAI), program radio, dan program video dalam website UT.
Bahan ajar suplemen ini diharapkan dapat lebih menjangkau masyarakat
melalui kerja sama UT dengan instansi penyiaran dalam bentuk program
radio dan televisi yang terjadwal.
Untuk pengembangan bahan ajar, baik yang dilakukan oleh pakar dari luar
UT maupun beberapa staf akademik UT yang kompeten, UT menerbitkan
Perjanjian Kerja (bagi pengembang bahan ajar dari luar UT) maupun Surat
Tugas (bagi pengembang bahan ajar dari UT) yang berisi sejumlah
ketentuan yang harus dipenuhi beserta sanksi hukumnya. Pada tahun 2007,
dalam Perjanjian Kerja dan Surat Tugas ini telah dimasukkan aspek
pentahapan penyelesaian pekerjaan yang diikuti dengan workshop
penyelesaian pekerjaan dengan harapan para pengembang bahan ajar dapat
menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu.
Dalam rangka efektivitas dan efisiensi kerja, selain metode pentahapan
pekerjaan dan penyelenggaraan workshop penyelesaian kerja, upaya
pengembangan bahan ajar juga didukung oleh penggunaan aplikasi ICT
bahan ajar secara bersama oleh unit-unit terkait. Penggunaan aplikasi ICT
bahan ajar ini merupakan respons UT terhadap profesionalitas pengelolaan
PTJJ di samping juga memudahkan pengelola melakukan pengisian data
bahan ajar serta memonitor dan mengevaluasi perkembangan kondisi
bahan ajar.
Untuk upaya peningkatan kualitas dan relevansi akademik, UT telah
menerima ISO 9001 :2000 bidang Pengembangan Bahan Ajar dan Bahan
Ujian serta bidang Layanan Administrasi Akademik. Sementara itu dalam
rangka akuntabilitas dan transparansi pengelolaan maka beberapa unsur
yang terkait dengan penyelenggaraan program dan kurikulum serta bahan
ajar dapat diakses oleh stakeholder melalui website http://www.ut.ac.id. D
34