Page 45 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 45

lmplementasi Coad Governance dan  TQM  di  Universitas  Terbuka


                                partisipasi  mahasiswa selama  tutorial,  mempunyai  kontribusi  terhadap  nilai
                                akhir  mata  kuliah  .  Jika  mahasiswa  tidak  mempunyai  nilai  tutorial,  nilai
                                akhir  mereka  dihitung  100%  dari  UAS.  Sebagai  bentuk  transparansi,  UT
                                menetapkan  besaran  kontribusi  tutorial  terhadap  nilai  akhir  mata  kuliah
                                dalam  bentuk  Surat  Keputusan  Rektor  dan  disosialisasikan  dalam  Katalog
                                UT dan  kegiatan  lain yang melibatkan mahasiswa.

                                Selain  tugas  tutorial,  di  UT  juga  terdapat  mata  kuliah  yang  mensyaratkan
                                mahasiswanya mempunyai  nilai  tugas  atau  laporan  praktek/praktikum.  Ada
                                2  jenis  mata  kuliah  yang  mensyaratkan  adanya  nilai  tugas  atau  laporan
                                praktek/praktikum  ini,  yaitu  mata kuliah berpraktek/berpraktikum dan  mata
                                kuliah  praktek/praktikum.  Nilai  akhir  mata  kuliah  berpraktek/berpraktikum
                                ditentukan  oleh  nilai  UAS  dan  nilai  tugas  atau  laporan  praktek/praktikum,
                                sedangkan  nilai  akhir  mata  kuliah  praktek/praktikum  seluruhnya  berasal
                                dari  nilai  tugas  atau  laporan  praktek/praktikum.  Untuk  mengendalikan
                                mutu  dan  akuntabilitas  proses  akademik serta  hasil  tugas  mahasiswa,  maka
                                tugas  praktek/praktikum  harus  dikerjakan  di  tempat  praktek/praktikum  di
                                bawah  pengawasan  instruktur yang  berasal  dari  perguruan  tinggi  setempat.
                                Sama  halnya  dengan  tutorial,  kontribusi  nilai  praktek  dan  praktikum
                                terhadap  nilai  akhir mata  kuliah  dituangkan  dalam  Surat  Keputusan  Rektor
                                dan  juga  disosialisasikan  dalam  Katalog  UT  dan  kegiatan  lain  yang
                                melibatkan  mahasiswa.  lni  merupakan  upaya  transparansi  UT  kepada
                                mahasiswa dan stakeholder lainnya
                                Ada  dua  jenis  format  UAS  yaitu  tes  obyektif  dan  tes  uraian.  Penentuan
                                bentuk  tes  objektif atau  uraian  terutama  tergantung  dari  karakteristik  mata
                                kuliah  yang bersangkutan.  Namun demikian,  penentuan tersebut juga tidak
                               dapat dilepaskan dari  aspek  pengelolaannya, antara  lain sumber daya untuk
                               pemeriksaan  hasil  ujian dan waktu pemeriksaan. Jika suatu  mata kuliah sifat
                               ujiannya  uraian  tetapi  dosen  yang  relevan  untuk  memeriksa  hasil  ujian
                               tersebut  tidak  banyak,  maka  perlu  dipertimbangkan  untuk  mengubah  sifat
                               ujian  mata  kuliah  tersebut  menjadi  objektif.  lni  merupakan  cara  untuk
                               membuat  aspek  pengelolaan  ini  menjadi  lebih  dapat  dipertanggung-
                               jawabkan.
                               Untuk menjaga  kualitas,  soal  UAS  dikembangkan  berdasarkan  kisi-kisi  soal
                               yang  sudah  ditetapkan  terlebih  dahulu.  Kisi-kisi  ini  berisi  informasi  tentang
                               kompetensi  yang  akan  diukur  dan  indikator  soal,  ragam  soal,  serta  ranah
                               dan jenjang kemampuan  berpikir yang akan  diukur. Soal  yang sudah  ditulis





                               36
   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50