Page 42 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 42
/mplementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Selanjutnya, untuk mencapai sasaran Renstra pada aspek bahan ajar, yaitu
kualitas bahan ajar UT diakui secara akademik oleh berbagai institusi PTJJ
di Asia pada tahun 2010 dan di dunia pada tahun 2020, UT
mengembangkan sejumlah program induk yaitu (1) pemantapan
standarisasi bahan ajar, (2) peningkatan ragam bahan ajar, (3)
pengembangan bahan ajar dalam bahasa lnggris, (4) peningkatan
pemanfaatan bahan ajar UT oleh PT lain, (5) pemeliharaan kemutakhiran
matakuliah dan bahan ajar, (6) optimalisasi pemanfaatan ICT, dan (7)
optimalisasi pemanfaatan media siaran untuk pengayaan bahan ajar.
Sejauh ini, terkait dengan program induk tersebut, UT telah melaksanakan
beberapa upaya. Peningkatan kualitas bahan ajar dilakukan dengan
mengacu pada sejumlah pedoman pengembangan bahan ajar yang
dikeluarkan oleh Pusat Jaminan Kualitas. Pedoman yang memuat prosedur
kerja, petunjuk kerja dan rekaman pendukung ini menunjukkan bahwa
pengembangan bahan ajar dilakukan dalam suatu sistem yang sudah
dipersiapkan dengan baik.
Dalam rangka pemantapan standarisasi bahan ajar, yaitu untuk mencapai
kemutakhiran dan relevansi bahan ajar dengan kebutuhan, maka UT secara
berkala melakukan kegiatan revisi bahan ajar. Target bahan ajar yang
direvisi adalah bahan ajar yang sudah memasuki umur 6 tahun dan bahan
ajar yang dikarenakan alasan tertentu harus segera direvisi. Dengan
demikian, pada saat tahun ke-8, UT sudah menggunakan bahan ajar hasil
revisi yang sudah dalam kondisi mutakhir dan relevan dengan kebutuhan.
Baik revisi bahan ajar maupun penulisan bahan ajar baru dilakukan dengan
melibatkan para pakar dari perguruan tinggi lain dan dari institusi lain yang
relevan. Revisi bahan ajar ini didahului dengan kegiatan evaluasi substansi
bahan ajar yang dilakukan oleh para pakar bidang ilmu dari perguruan
tinggi lain dan institusi lain yang relevan. Evaluasi substansi bahan ajar ini
dilakukan untuk melihat kebenaran dan tingkat kedalaman materi bahan
ajar. Selain evaluasi bahan ajar yang dilakukan oleh pakar, sebagai bentuk
pertanggungjawaban UT kepada stakeholder dan dalam rangka
transparansi, maka UT juga meminta mahasiswa untuk melakukan
penilaian terhadap bahan ajar UT terkait dengan aspek tampilan,
keterbacaan dan kejelasan materi bahan ajar.
Sebagai bentuk pertanggungjawaban terkait dengan karakteristik mahasiswa
pendidikan jarak jauh yang pada dasarnya heterogen, maka UT
33