Page 42 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 42

/mplementasi Coad Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                             Selanjutnya,  untuk  mencapai  sasaran  Renstra  pada  aspek  bahan  ajar,  yaitu
                             kualitas  bahan  ajar  UT  diakui  secara  akademik  oleh  berbagai  institusi  PTJJ
                             di  Asia  pada  tahun  2010  dan  di  dunia  pada  tahun  2020,  UT
                             mengembangkan    sejumlah   program   induk  yaitu   (1)   pemantapan
                             standarisasi   bahan   ajar,   (2)   peningkatan   ragam   bahan  ajar,  (3)
                             pengembangan  bahan  ajar  dalam  bahasa  lnggris,  (4)  peningkatan
                             pemanfaatan  bahan  ajar  UT  oleh  PT  lain,  (5)  pemeliharaan  kemutakhiran
                             matakuliah  dan  bahan  ajar,  (6)  optimalisasi  pemanfaatan  ICT,  dan  (7)
                             optimalisasi pemanfaatan media siaran  untuk pengayaan bahan ajar.
                             Sejauh  ini,  terkait dengan  program  induk tersebut,  UT telah  melaksanakan
                             beberapa  upaya.  Peningkatan  kualitas  bahan  ajar  dilakukan  dengan
                             mengacu  pada  sejumlah  pedoman  pengembangan  bahan  ajar  yang
                             dikeluarkan  oleh  Pusat Jaminan  Kualitas.  Pedoman  yang  memuat  prosedur
                             kerja,  petunjuk  kerja  dan  rekaman  pendukung  ini  menunjukkan  bahwa
                             pengembangan  bahan  ajar  dilakukan  dalam  suatu  sistem  yang  sudah
                             dipersiapkan dengan baik.
                             Dalam  rangka  pemantapan  standarisasi  bahan  ajar,  yaitu  untuk  mencapai
                             kemutakhiran dan  relevansi  bahan  ajar dengan  kebutuhan,  maka  UT secara
                             berkala  melakukan  kegiatan  revisi  bahan  ajar.  Target  bahan  ajar  yang
                             direvisi  adalah  bahan  ajar yang  sudah  memasuki  umur 6 tahun  dan  bahan
                             ajar  yang  dikarenakan  alasan  tertentu  harus  segera  direvisi.  Dengan
                             demikian,  pada  saat  tahun  ke-8,  UT  sudah  menggunakan  bahan  ajar  hasil
                             revisi yang sudah dalam kondisi mutakhir dan  relevan  dengan  kebutuhan.
                             Baik revisi  bahan  ajar maupun  penulisan  bahan  ajar baru  dilakukan dengan
                             melibatkan  para  pakar dari  perguruan tinggi  lain  dan dari  institusi  lain yang
                             relevan.  Revisi  bahan  ajar ini  didahului dengan  kegiatan  evaluasi  substansi
                             bahan  ajar  yang  dilakukan  oleh  para  pakar  bidang  ilmu  dari  perguruan
                             tinggi  lain  dan  institusi  lain  yang  relevan.  Evaluasi  substansi  bahan  ajar  ini
                             dilakukan  untuk  melihat  kebenaran  dan  tingkat  kedalaman  materi  bahan
                             ajar.  Selain  evaluasi  bahan  ajar yang  dilakukan  oleh  pakar,  sebagai  bentuk
                              pertanggungjawaban   UT   kepada  stakeholder   dan   dalam   rangka
                              transparansi,  maka  UT  juga  meminta  mahasiswa  untuk  melakukan
                              penilaian  terhadap  bahan  ajar  UT  terkait  dengan  aspek  tampilan,
                              keterbacaan dan  kejelasan  materi bahan ajar.
                              Sebagai  bentuk pertanggungjawaban terkait dengan karakteristik mahasiswa
                              pendidikan  jarak  jauh  yang  pada  dasarnya  heterogen,  maka  UT





                                                                                             33
   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47