Page 39 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 39

lmp/ementasi Good Governance dan  TQM di Universitas Terbuka



                               Untuk  mencapai  sasaran  Renstra  pada  aspek  penyelenggaraan  program
                               pendidikan  dan  kurikulum,  UT  menetapkan  sasaran  Rencana  Operasional
                               (Renop)  2005-2010  yaitu  mencapai  kualitas  penyelenggaraan  pada  tingkat
                               Asia  pada  akhir  tahun  2010  untuk  penyelenggaraan  seluruh  program
                               pendidikan  UT:  Untuk  itu  dikembangkan  sejumlah  program  induk  berupa
                               (1)  pemantapan  standarisasi  pengembangan  program,  (2)  benchmarking
                               kurikulum  pada tingkat nasional  dan  Asia,  (3)  pengajuan akreditasi  nasional
                               pada  Badan  Akreditasi  PT  (BAN-PT),  (4)  pengajuan  akreditasi  pada  lembaga
                               akreditasi  tingkat  internasional  (Asia),  (5)  pemeliharaan  fleksibilitas  dan
                               kemutakhiran  kurikulum,  (6)  penyelenggaraan  minimal  1  (satu)  program
                               pascasarjana  di  setiap  fakultas,  dan  (7)  penyelenggaraan  minimal  1  (satu)
                               program  internasional.  Masing-masing program  induk ini dijabarkan  secara
                               lebih  spesifik  ke  dalam  beberapa  program  kegiatan  dan  indikator
                               pencapaian.
                               Terkait  dengan  pencapaian  sasaran  Renop  2005-2010  pada  aspek
                               penyelenggaraan  program  pendidikan  dan  kurikulum,  UT telah  melakukan
                               berbagai  upaya.  UT  telah  menyusun  suatu  pedoman  pengembangan
                               kurikulum secara  baku  yang harus  diikuti oleh setiap  program  studi/jurusan
                               di  UT.   Agar  sesuai  kebutuhan  dan  tepat  sasaran,  dalam  merancang
                               kurikulum  UT  memperhatikan  prospek  dan  tantangan  yang  ada  sesuai
                               bidang/program  yang  akan  dibuka,  melalui  tahapan: 1)  analisis  tentang
                               kebutuhan  untuk  memperoleh  masukan  dari  berbagai  pihak  dan  2)
                               pengkajian  kurikulum yang mencakup ruang  lingkup materi dan  mengkaji
                               kompetensi  yang diharapkan dari  lulusan.
                               Proses  pengembangan  kurikulum  ini  dilakukan  mengikuti  prosedur
                               sistematis  dan  melalui  sanctioning yang  ketat  baik  secara  internal  maupun
                               eksternal.  Hal  tersebut  dilakukan  untuk  menjamin  naskah  kurikulum  yang
                               telah tersusun tersebut memenuhi kebutuhan sesuai  dengan tujuan program
                               studi  dan  diakui  oleh  pihak-pihak  terkait.  lmplementasi  kurikulum  yang
                               telah  dikembangkan  dilakukan  pula  secara  terintegrasi  dan  komprehensif
                               melibatkan  berbagai  pihak  yang  terkait  pada  saat  pengembangan
                               kurikulum,   sehingga   dapat   dilakukan   langkah   selanjutnya   yaitu
                               pengembangan  bahan  ajar  baik  cetak  maupun  non  cetak,  serta  bahan
                               evaluasi  hasil  belajar mahasiswa.
                               Sebagai  bentuk  profesionalitas  dan  pertanggungjawaban  penyeleng-gara
                               program  pendidikan  maka  semua  program  studi  di  UT  telah  memiliki




                               30
   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44