Page 39 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 39
lmp/ementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Untuk mencapai sasaran Renstra pada aspek penyelenggaraan program
pendidikan dan kurikulum, UT menetapkan sasaran Rencana Operasional
(Renop) 2005-2010 yaitu mencapai kualitas penyelenggaraan pada tingkat
Asia pada akhir tahun 2010 untuk penyelenggaraan seluruh program
pendidikan UT: Untuk itu dikembangkan sejumlah program induk berupa
(1) pemantapan standarisasi pengembangan program, (2) benchmarking
kurikulum pada tingkat nasional dan Asia, (3) pengajuan akreditasi nasional
pada Badan Akreditasi PT (BAN-PT), (4) pengajuan akreditasi pada lembaga
akreditasi tingkat internasional (Asia), (5) pemeliharaan fleksibilitas dan
kemutakhiran kurikulum, (6) penyelenggaraan minimal 1 (satu) program
pascasarjana di setiap fakultas, dan (7) penyelenggaraan minimal 1 (satu)
program internasional. Masing-masing program induk ini dijabarkan secara
lebih spesifik ke dalam beberapa program kegiatan dan indikator
pencapaian.
Terkait dengan pencapaian sasaran Renop 2005-2010 pada aspek
penyelenggaraan program pendidikan dan kurikulum, UT telah melakukan
berbagai upaya. UT telah menyusun suatu pedoman pengembangan
kurikulum secara baku yang harus diikuti oleh setiap program studi/jurusan
di UT. Agar sesuai kebutuhan dan tepat sasaran, dalam merancang
kurikulum UT memperhatikan prospek dan tantangan yang ada sesuai
bidang/program yang akan dibuka, melalui tahapan: 1) analisis tentang
kebutuhan untuk memperoleh masukan dari berbagai pihak dan 2)
pengkajian kurikulum yang mencakup ruang lingkup materi dan mengkaji
kompetensi yang diharapkan dari lulusan.
Proses pengembangan kurikulum ini dilakukan mengikuti prosedur
sistematis dan melalui sanctioning yang ketat baik secara internal maupun
eksternal. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin naskah kurikulum yang
telah tersusun tersebut memenuhi kebutuhan sesuai dengan tujuan program
studi dan diakui oleh pihak-pihak terkait. lmplementasi kurikulum yang
telah dikembangkan dilakukan pula secara terintegrasi dan komprehensif
melibatkan berbagai pihak yang terkait pada saat pengembangan
kurikulum, sehingga dapat dilakukan langkah selanjutnya yaitu
pengembangan bahan ajar baik cetak maupun non cetak, serta bahan
evaluasi hasil belajar mahasiswa.
Sebagai bentuk profesionalitas dan pertanggungjawaban penyeleng-gara
program pendidikan maka semua program studi di UT telah memiliki
30