Page 214 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 214
Berdasarkan fenomena yang ada, timbul pertanyaan yang memerlu-
kan jawaban dan pemikiran yang tajam, seperti: Apakah televisi hanya
merupakan medium hiburan ataukah dapat berperan dalam mendidik
masyarakat. Tulisan ini mencoba mengetengahkan potensi medium tele-
visi sebagai sarana pendidikan di Indonesia serta upaya yang diperlukan
dalam meningkatkan pemanfaatannya untuk pendidikan.
Karakteristik Medium Televisi
Medium televisi tergolong sebagai medium pandang - dengar (audio-
visual). Medium ini mampu menyajikan beragam informasi dan ilmu
pengetahuan dalam bentuk tayangan kombinasi antara gambar dan suara.
Karakteristik ini sekaligus merupakan keunggulan bagi medium televisi.
Medium televisi dianggap sebagai kotak ajaib - magic box - yang mampu
memaku penonton untuk menerima berbagai pesan dan informasi yang
ditayangkan, baik yang bersifat lokal maupun internasional.
Sesuai dengan asal katanya "tele" dan "visi", yang berarti mampu
melihat jarak jauh, medium ini mampu mengatasi hambatan ruang/ja-
rak. Artinya, dalam berkomunikasi melalui siaran televisi, pemirsa
(audience) akan dapat menerima informasi pada waktu yang bersamaan
dari orang atau objek yang berada pada lokasi yang berbeda.
Medium televisi, sama sepeni halnya medium surat kabar dan radio,
dapat digolongkan sebagai mass medium. Hal ini disebabkan medium ini
mampu menjangkau pemirsa dalam jumlah besar yang berada dalam wi-
layah geografis yang luas. Namun, berbeda dengan surat kabar dan me-
dia massa lain, medium televisi dapat menyajikan motion pictures yang
dapat menggugah perasaan dan mempercepat terjadinya pemahaman
pemirsa terhadap informasi dan pengetahuan yang ditayangkan.
215