Page 213 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 213
PEMANFAATAN
SIARAN TV PENDIDIKAN
Benny A. Pribadi dan Bam bang Sutjiatmo
Pendahuluan
Dominasi televisi dalam aktivitas kehidupan manusia tidak dapat
dibendung lagi. Kondisi seperti ini bukan merupakan rekaan tetapi sudah
menjadi fenomena sosial dan nyata. Tayangan-tayangan program dari
berbagai stasiun televisi terus mengalir dan saling berlomba untuk mendapat
tempat di hati pemirsa. Tayangan televisi yang memperoleh rating pemirsa
yang tinggi cenderung menjadi incaran bagi para pengelola stasiun siaran.
Umumnya tayangan-tayangan hiburan yang menarik memperoleh rating
tinggi, sementara tayangan yang bersifat informasi dan pendidikan
memperoleh rating yang rendah bahkan tidak memperoleh rating sama
sekali. Kondisi seperti ini memicu para pengelola stasiun televisi untuk
lebih banyak menayangkan program-program hiburan. Sebaliknya, hal ini
menimbulkan kekuatiran bagi mereka yang peduli terhadap perkembangan
intelektual dan sikap pemirsa. Sangat disayangkan jika kemampuan yang
luar biasa dari media televisi yang mampu hadir dekat dengan pemirsa
hanya didominasi oleh tayangan-tayangan yang kurang ' mendidik'.
Sementara sejumlah pakar media pendidikan mengungkapkan bahwa,
" ... clearly TV now represents many things and is a rich resource for
instruction and training" (Heinich, 1986, hal.224).
214