Page 217 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 217
Kategori dan Model Penyiaran Program TV
Penyiaran program TV pendidikan dapat digolongkan menjadi siaran
yang bersifat umum dan khusus. Siaran yang bersifat umum adalah pro-
gram pendidikan yang dapat diikuti oleh semua golongan pemirsa. Contoh
siaran yang bersifat umum misalnya adalah program discovery, features
tentang seni dan budaya, dan sejumlah program talk show dengan topik
yang sang at bervariasi. Program berbentuk talks how dan features yang
belakangan ini banyak ditayangkan pada sejumlah stasiun TV swasta
diharapkan dapat memperluas wawasan pemirsa tentang bidang ilmu dan
pengetahuan tertentu.
Siaran TV pendidikan yang bersifat khusus yang sering disebut seba-
gai TV pembelajaran (instructional TV) adalah siaran TV yang sengaja
dirancang untuk pemirsa atau khalayak tertentu. Contoh siaran pendidik-
an adalah pelajaran sekolah dan siaran perkuliahan Universitas Terbuka
(UT) yang pernah ditayangkan oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI)
dan Televisi Pendidikan Indonesia (TPI). Siaran ini dirancang secara Jehu-
sus untuk mengkomunikasikan materi ajar kepada siswa sekolah mene-
ngah dan mahasiswa yang mengikuti program pendidikan jarak jauh.
Penyiaran program televisi dapat dilakukan melalui tiga cara, yaitu
terestrial, kabel dan sate/it. Penyiaran program secara terestrial dimak-
sudkan agar program yang disiarkan dapat diterima oleh sejumlah besar
pemirsa yang berada dalam wilayah geografis yang luas. Penyiaran de-
ngan cara terestrial dikenal juga dengan istilah siaran terbuka (open
broadcast) . Penyiaran program melalui kabel dan sate lit biasanya diarah-
kan pada pemirsa tertentu dalam jumlah yang terbatas. Untuk dapat me-
nikmati program dan acara TV kabel, pemirsa harus berlangganan atau
membayar uang iuran secara regular. Di samping itu, pemirsa terlebih
dahulu harus memilik.i peralatan tertentu berupa alat penerima siaran atau
decoder. Penayangan program dapat dilakukan secara langsung (live) atau
218