Page 216 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 216

observasi  dan  mempelajari  gerakan-gerakan  tertentu  yang  ingin  dipela-
        jari melalui  fasilitas slow motion yang terdapat pada medium ini.


        2.  Keterbatasan  Siaran TV
            Selain  memiliki  sejumlah  potensi,  siaran  televisi  juga  memiliki  ke-
        terbatasan.  Siaran televisi  seringkali  dimanfaatkan  sebagai  sarana  untuk
        melakukan one way communicatio11. Artinya, pemirsa hanya bersikap pa-
        sif dan  tidak dapat memperoleh  umpan  batik  secara  langsung  terhadap
        informasi dan pengetahuan yang ditayangkan.

           Pemanfaatan  siaran  televisi  dengan  sistem one  way  communication
        merupakan  keterbatasan  yang  perlu  diperhatikan  dalam  merancang  ta-
        yangan  siaran  televisi  pendidikan.  Bates  (1984,  hal.30)  mengemukakan
        kelemahan siaran televisi yang bersifat searah sebagai berikut:  " ... broad-
        casts are ephemeral,  can not be reviewed,  are unninterruptable,  and are
        presemed at the same pace for all students. "
           Tayangan program melalui  televisi  biasanya dilakukan dalam kecepat-
        an  penyajian  yang  sama.  Siswa  atau  pemirsa  tidak  dapat  mencermati
        infonnasi tertentu yang ingin dipelajari. Jika diaplikasikan untuk keperlu-
        an  pendidikan,  tayangan  yang  bersifat  one  way  communication  agak
        menyulitkan  mahasiswa  dalam  mempelajari  informasi  dan  ilmu  penge-

        tahuan (Bates,  1983).  Kondisi seperti ini dapat diatasi  dengan menyedia-
        kan  tayangan  interaktif bagi  pemirsa.  Interaksi antara penyaji  (presenter)
        dalam program TV dengan pemirsa dapat dilakukan dengan mengguna-
        kan saluran telepon.  Dengan fasilitas  interaktif ini siswa dapat memper-

        oleh  informasi  dan pengetahun  yang  lebih  rinci  yang  disampaikan  oleh
        penyaji.  Jonassen  (1996)  berpendapat bahwa  siaran  TV open  broadcast
        dapat  dibuat  menjadi  interaktif jika  dilengkapi  dengan  fasilitas  berupa
        sistem audio - 1•ideo return circuit.


                                       217
   211   212   213   214   215   216   217   218   219   220   221