Page 215 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 215

Pemanfaatan Potensi Medium TV
            1.  Keunggulan Siaran TV
               Dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran ada tiga aspek penting yang
            harus dicapai. yaitu aspek kognitif (pengetahuan); aspek afektif (perasaan
            dan  penghayatan);  dan aspek psikomotor (gerakan).  Medium TV dapat
            dirancang  dan  digunakan  secara  maksimum untuk  mengkomunikasikan
            pesan dan informasi yang berada dalam lingkup ketiga aspek tersebut.
               Program TV dapat dirancang  semaksimal  mungkin untuk mengajar-
            kan aspek kognitif,  dengan potensi  yang dimmki, paduan gambar, gerak
            dan  suara  medium  ini,  mampu  mengkomunikasikan  informasi  dan  pe-
            ngetahuan  secara  riil  dalam  urutan  penyajian  yang  sistematis.  Program
            televisi mampu  menayangkan  objek riil  dan peristiwa aktual melalui ga-
            bungan  antara  unsur  gambar  dan  unsur  suara.  Sebagai  contoh,  proses
            kimia,  proses perubahan fisika,  dan proses daur kehidupan dalam mata
            pelajaran  biologi  dapat  diperlihatkan  secara  nyata  melalui  medium TV.
            Perubahan fisika dan berlangsungnya daur biologis dalam gerak dan war-
            na  akan  menarik perhatian  pemirsa dan  membantu  mereka  memahami
            fenomena alam yang ditayangkan.
              Dalam  program tertentu,  medium  TV  mampu  mengkomunikasikan
            pesan dan  pengetahuan afektif secara efektif.  Tayangan  seni atau drama
            melalui  program TV dapat  menggugah  penghayatan  (apresiasi)  pemirsa
            terhadap suatu  bentuk seni dan kebudayaan.  Dengan potensi yang  dimi-
            liki.  medium TV juga mampu menayangkan pesan-pesan pendidikan yang
            bersifat universal.
              Medium TV  sangat  efektif untuk  menayangkan  pengetahuan  tentang
            berlangsungnya  suatu  gerakan  motorik.  Dalam  mata  pelajaran  yang
            menekankan gerakan sebagai unsur utama, seperti dalam pendidikan olah
            raga dan keterampilan, pemirsa dapat mempelajari gerakan-gerakan yang
            harus  dikuasai  melalui  medium  TV.  Pemirsa  akan  mudah  melakukan

                                          216
   210   211   212   213   214   215   216   217   218   219   220