Page 215 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 215
Pemanfaatan Potensi Medium TV
1. Keunggulan Siaran TV
Dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran ada tiga aspek penting yang
harus dicapai. yaitu aspek kognitif (pengetahuan); aspek afektif (perasaan
dan penghayatan); dan aspek psikomotor (gerakan). Medium TV dapat
dirancang dan digunakan secara maksimum untuk mengkomunikasikan
pesan dan informasi yang berada dalam lingkup ketiga aspek tersebut.
Program TV dapat dirancang semaksimal mungkin untuk mengajar-
kan aspek kognitif, dengan potensi yang dimmki, paduan gambar, gerak
dan suara medium ini, mampu mengkomunikasikan informasi dan pe-
ngetahuan secara riil dalam urutan penyajian yang sistematis. Program
televisi mampu menayangkan objek riil dan peristiwa aktual melalui ga-
bungan antara unsur gambar dan unsur suara. Sebagai contoh, proses
kimia, proses perubahan fisika, dan proses daur kehidupan dalam mata
pelajaran biologi dapat diperlihatkan secara nyata melalui medium TV.
Perubahan fisika dan berlangsungnya daur biologis dalam gerak dan war-
na akan menarik perhatian pemirsa dan membantu mereka memahami
fenomena alam yang ditayangkan.
Dalam program tertentu, medium TV mampu mengkomunikasikan
pesan dan pengetahuan afektif secara efektif. Tayangan seni atau drama
melalui program TV dapat menggugah penghayatan (apresiasi) pemirsa
terhadap suatu bentuk seni dan kebudayaan. Dengan potensi yang dimi-
liki. medium TV juga mampu menayangkan pesan-pesan pendidikan yang
bersifat universal.
Medium TV sangat efektif untuk menayangkan pengetahuan tentang
berlangsungnya suatu gerakan motorik. Dalam mata pelajaran yang
menekankan gerakan sebagai unsur utama, seperti dalam pendidikan olah
raga dan keterampilan, pemirsa dapat mempelajari gerakan-gerakan yang
harus dikuasai melalui medium TV. Pemirsa akan mudah melakukan
216