Page 200 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 200
Untuk itu perlu adanya reward guna meningkatkan motivasi mereka dalam
belajar (Papay, 1981)
Berdasarkan kondisi tersebut, Dikgutentis dan Pustekkom Dikbud se-
pakat untuk melakukan berbagai langkah penyempurnaan terhadap sis-
tern siaran pendidikan, antara lain 1) dengan memberikan materi yang
disesuaikan dengan kebutuhan lapangan. Karena kebutuhan yang ada ada-
Jab upaya peningkatan kualifikasi, maka materi yang diberikan hendak-
nya bisa menunjang sepenuhnya usaha peningkatan kualifikasi tersebut; 2)
pembinaan, pemantauan, dan koordinasi yang selarna ini dilakukan harus
ditingkatkan dengan lebih banyak melibatkan unsur terkait baik di tingkat
pusat maupun daerah; 3) diupayakan memberikan reward kepada peserta
diktat, dengan memberikan STTPL yang dapat berdampak pada kenaikan
pangkat peserta; dan 4) komunikasi dua arab antara peserta dan pengelo-
Ja ditingkatkan dari waktu ke waktu.
Kesepakatan tersebut ditindaklanjuti dengan pengembangan sistem
penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan melalui siaran radio pendidik-
an sehingga lahirnya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar
dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. :239/C/Kep/
111992 tentang Pedoman Pendidikan dan Pelatihan Guru SD melalui siaran
radio pendidikan (Diklat SRP), pada tanggal18 Juli 1992.
Tujuan
Siaran Radio Pendidikan untuk guru SD dirancang dan dikembangkan
dalam rangka meningkatkan kemampuan guru SD dalam penguasaan
materi yang berhubungan dengan profesi mereka sebagai guru dan me-
ningkatkan kernampuan mereka dalam mengajar.
Tujuan tersebut dirumuskan dalam Surat Keputusan Direktur Jende-
ral Pendidikan dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Ke-
budayaan No.:239/C/Kep/l/1992 tanggal 18 Juli 1992 tentang Pedoman
199