Page 196 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 196

kurangan guru di daerah lain terutama di daerah pedalaman dan daerah
         terpencil,  masih  banyaknya  guru  yang  kurang  berkelayakan  berkenaan
         dengan Jatar belakang pendidikannya,  serta tidak meratanya kesempatan
         memperoleh  pendidikan  untuk  meningkatkan  profesionalisme  maupun
         kualifikasinya, masih perlu dipikirkan pemecahannya.
            Berbagai  masalah  tersebut tentu  saja  menyebabkan  rendahnya  mutu
         guru  SD  yang  pada  gilirannya  akan  berakibat pada  rendahnya  mutu
         pendidikan  dasar.  Kondisi  ini  pada akhimya  dikhawatirkan  akan  ber-
         pengaruh pada penyiapan sumberdaya manusia yang  akan mampu men-
         jawab tantangan  masa depan secara nasional.

            Untuk menanggulangi hal  tersebut,  pemerintah telah melakukan ber-
         bagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar, salah satunya
         ialah dengan meningkatkan profesionalisme dan kualitas pendidikan guru.

            Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan
         Pemerintah melalui  Keputusan Menteri  Pendidikan dan  kebudayaan  Re-
         publik Indonesia No. 0854/o/1989 tentang Pengadaan dan Penyetaraan Gu-
         ru Sekolah Dasar menetapkan bahwa kualifikasi guru harus ditingkatkan
         menjadi  setara Diploma 2,  sehingga guru  sekolah dasar  akan  memiliki
         kualifikasi yang dibutuhkan untuk menyiapkan sumberdaya manusia yang
         akan  mampu  menjawab  tantangan zaman.
            Namun mengingat besamya jumlah guru SD dan adanya keterbatasan
         pembiayaan oleh pemerintah,  Program Penyetaraan D-11  Guru SD meng-
         alami  berbagai  kendala,  antara lain  terlalu  sedikitnya jumlah guru yang
         terlayani oleh program tersebut setiap tahunnya.

            Akibatnya  guru  yang  belum  memiliki  kesempatan  untuk  mengikuti
         program penyetaraan D-II,  terpaksa menunggu sangat lama untuk men-
         dapat bea siswa dan menjadi mahasiswa program penyetaraan D-II.

                                        195
   191   192   193   194   195   196   197   198   199   200   201