Page 196 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 196
kurangan guru di daerah lain terutama di daerah pedalaman dan daerah
terpencil, masih banyaknya guru yang kurang berkelayakan berkenaan
dengan Jatar belakang pendidikannya, serta tidak meratanya kesempatan
memperoleh pendidikan untuk meningkatkan profesionalisme maupun
kualifikasinya, masih perlu dipikirkan pemecahannya.
Berbagai masalah tersebut tentu saja menyebabkan rendahnya mutu
guru SD yang pada gilirannya akan berakibat pada rendahnya mutu
pendidikan dasar. Kondisi ini pada akhimya dikhawatirkan akan ber-
pengaruh pada penyiapan sumberdaya manusia yang akan mampu men-
jawab tantangan masa depan secara nasional.
Untuk menanggulangi hal tersebut, pemerintah telah melakukan ber-
bagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar, salah satunya
ialah dengan meningkatkan profesionalisme dan kualitas pendidikan guru.
Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan
Pemerintah melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Re-
publik Indonesia No. 0854/o/1989 tentang Pengadaan dan Penyetaraan Gu-
ru Sekolah Dasar menetapkan bahwa kualifikasi guru harus ditingkatkan
menjadi setara Diploma 2, sehingga guru sekolah dasar akan memiliki
kualifikasi yang dibutuhkan untuk menyiapkan sumberdaya manusia yang
akan mampu menjawab tantangan zaman.
Namun mengingat besamya jumlah guru SD dan adanya keterbatasan
pembiayaan oleh pemerintah, Program Penyetaraan D-11 Guru SD meng-
alami berbagai kendala, antara lain terlalu sedikitnya jumlah guru yang
terlayani oleh program tersebut setiap tahunnya.
Akibatnya guru yang belum memiliki kesempatan untuk mengikuti
program penyetaraan D-II, terpaksa menunggu sangat lama untuk men-
dapat bea siswa dan menjadi mahasiswa program penyetaraan D-II.
195