Page 192 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 192
8. Evaluasi
Untuk memperoleh informasi berkenaan dengan efektifitas dan efisi-
ensi pencapaian tujuan. kelayakan dan akseptibilitas baik program-pro-
gram yang disajikan maupun sistem pembelajaran secara menyeluruh
dilaksanakan kegiatan evaluasi formatif atau summatif. secara berkala.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh suatu tim evaluasi yang dikoordinasikan
oleh Pustekkom bekerja sama dengan Perguruan Tinggi. Disamping itu
juga telah dilakukan studi kasus (case study) oleh James P. Papay dkk.
pada tahun 1982. Laporan evaluasi tersebut diharapkan dapat dipakai se-
bagai salah satu dasar perbaikan atau peningkatan efektivitas dan efisi-
ensi program SRP dan untuk pedoman dalam menentukan kebijakan eli
masa datang.
Penutup
Selama penyelenggaraan SRP ini ada beberapa hambatan yang dia-
lami, yaitu distribusi BP kadang kala mengalami keterlambatan sampai di
tujuan, terutama di daerah terpencil. Untuk itu telah diusahakan pence-
takan lebih awal dan pengirimannya yang selama ini dilaksanakan oleh
perusahaan ekspedisi swasta. Pada tahun 1984/1985, pengiriman dilaku-
kan menggunakan jasa pos. Hambatan Jain penggunaan radio sebagai me-
dia satu arah adalah terbatasnya proses interaksi. Dalam mengatasi ma-
sa1ah tersebut telah digiatkan usaha pembinaan seperti supervisi. moni-
toring. dan lain-lain. Faktor cuaca yang sering menjadi keluhan dalam
mendengarkan siaran, untuk itu telah diusahakan peningkatan mutu pe-
sawat radio dengan menggunakan band SW dan MW sesuai dengan pem-
bangunan stasiun pemancar RRI.
Terakhir sebagai ilustrasi perlu diketahui bahwa kegiatan Tekkom un-
tuk meningkatkan mutu dan pemerataan mutu pendidikan dasar selama
ini, hanya menggunakan media radio yang ditunjang dengan media kaset
191