Page 197 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 197
Sementara itu pemecahan lain dengan memberikan kesempatan mem-
biayai diri sendiri (swadana), tidak mampu mengatasi masalah ini karena
ketidakmampuan guru dalam bidang ekonomi.
Tentu saja para guru yang dalam posisi sedemikian itu tidak bisa di-
biarkan begitu saja, sehingga kepada mereka perlu dilakukan upay..a beru-
pa pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan pro-
fesionalisme. Salah satu upaya yang mungkin dilakukan ialah melalui
pendidikan dan pelatihan, agar mereka tidak terlalu tertinggal oleh ternan
sejawatnya yang lebih awal memiliki kesempatan meningkatkan kualifi-
kasi pendidikan melalui program penyetaraan D-11.
Namun mengingat kondisi geografis negara kita, sulit diselenggara-
kan suatu sis tern pendidikan dan pelatihan konvensional, diperlukan suatu
sistem pendidikan dan pelatihan yang mampu menjangkau guru di seluruh
pelosok tanah air.
Dari berbagai alternatif yang mung kin dilakukan , penggunaan media
radio merupakan cara yang paling efektif dan efisien. Pemilihan media
radio didasarkan pada kemampuan media ini menjangkau populasi
pendengar yang lebih banyak denganjarakjauh dan waktu yang lebih cepat
serta biaya yang relatif lebih murah dibanding media massa yang lain
(Cantril! dan Allport, 1971).
Dalam hal pemanfaatan siaran radio juga telah banyak pakar pendidik-
an yang melakukan penelitian mengenai efektivitas media radio untuk
keperluan pendidikan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ti-
dak ada perbedaan yang berarti antara peserta didik yang belajar melalui
media radio dengan cara yang konvensional. Ini berarti bahwa belajar
melalui radio relatif sama dengan bela jar biasa/konvesional. Apabila dili-
hat dari isi sajian dan tujuan programnya, maka dimungkinkan untuk
menyelenggarakan pendidikan lewat radio yang isinya bisa menyangkut
196