Page 197 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 197

Sementara itu pemecahan lain dengan memberikan kesempatan mem-
           biayai diri sendiri (swadana),  tidak mampu mengatasi masalah ini karena
           ketidakmampuan guru dalam bidang ekonomi.

              Tentu saja para guru yang  dalam posisi sedemikian itu tidak bisa di-
           biarkan begitu saja, sehingga kepada mereka perlu dilakukan upay..a beru-
           pa pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan pro-
           fesionalisme.  Salah  satu  upaya  yang  mungkin  dilakukan  ialah  melalui
           pendidikan dan pelatihan, agar mereka tidak terlalu tertinggal oleh ternan
           sejawatnya  yang  lebih  awal  memiliki  kesempatan  meningkatkan  kualifi-
           kasi  pendidikan melalui program penyetaraan D-11.

              Namun  mengingat kondisi  geografis negara  kita,  sulit diselenggara-
           kan suatu sis tern pendidikan dan pelatihan konvensional, diperlukan suatu
           sistem pendidikan dan pelatihan yang mampu menjangkau guru di seluruh
           pelosok tanah air.

              Dari berbagai alternatif yang  mung kin dilakukan , penggunaan media
           radio  merupakan cara yang  paling  efektif dan efisien.  Pemilihan  media
           radio  didasarkan  pada  kemampuan  media  ini  menjangkau  populasi
           pendengar yang lebih banyak denganjarakjauh dan waktu yang lebih cepat
           serta  biaya  yang  relatif lebih  murah  dibanding  media  massa  yang  lain
           (Cantril! dan Allport, 1971).
              Dalam hal pemanfaatan siaran radio juga telah banyak pakar pendidik-
           an  yang  melakukan  penelitian  mengenai  efektivitas  media  radio  untuk
           keperluan  pendidikan.  Hasil  penelitian  tersebut  menunjukkan  bahwa ti-
           dak ada perbedaan yang berarti antara peserta didik yang belajar melalui
           media  radio  dengan  cara  yang  konvensional.  Ini  berarti  bahwa  belajar
           melalui radio relatif sama dengan bela  jar biasa/konvesional.  Apabila dili-
           hat  dari  isi  sajian  dan  tujuan  programnya,  maka  dimungkinkan  untuk
           menyelenggarakan  pendidikan  lewat  radio  yang  isinya  bisa  menyangkut


                                          196
   192   193   194   195   196   197   198   199   200   201   202