Page 198 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 198

pelajaran  yang  ada  dalam  kurikulum  atau  pengetahuan  umum  di  luar
        kurikulum (Sadiman, 1994).
           Ada dua hal yang mendukung dipilihnya pemanfaatan media radio se-
        bagai  upaya pendidikan dan pelatihan bagi guru SD yang  belum menda-
        patkan  kesernpatan mengikuti  program penyetaraan D-11.  Pertama ialah
        adanya pengalaman Pustekkom Dikbud yang sejak tahun 1977 telah mela-
        kukan siaran radio pendidikan di 12 propinsi,  walaupun belum bisa men-
        capai basil seperti yang diharapkan.
           Salah satu penyebabnya ialah bahwa kondisi ekonomi guru SD teruta-
        ma yang  tinggal  di  daerah terpencil cukup memprihatinkan.  Kondisi ini
        tentu  saja  akan  mempengarubi  minat mereka  untuk  meningkatkan  ke-
        mampuan  dan  pengetahuannya melalui  suatu pendidikan  dan pelatihan.
        Mereka  akan  lebib  mengutamakan  kegiatan  yang  berkaitan  dengan
        pemenuban kebutuhan pokok mereka terlebih dahulu. lni terbukti bahwa
        penyelenggaraan  siaran  radio  pendidikan  yang  diselenggarakan  Pustek-
        kom  sejak tahun  1977 tersebut mengalami berbagai  kendala.  Beberapa
        penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Diktat radio yang diseleng-
        garakan dari 16 Pebruari 1977, semakin berkurang peminatnya. Penelitian
        yang  dilakukan  Papay,  dkk.  (1981)  menunjukkan  bahwa  terdapat  ke-
        cenderungan  penurunan  peserta  SRP  terutama  di  daerah  terpencil.
        Sementara itu penelitian yang  dilakukan beberapa tahun kemudian oleh
        Singodimejo, dkk.(1989), memperkuat basil penelitian terdahulu dengan
        basil  bahwa guru-guru yang  mendengarkan SRP secara rutin sudah sa-
        ngat jarang dan jurnlahnya terbatas.
           Namun terlepas dari adanya berbagai kekurangan tersebut --yang se-
        cara bertahap  akan  bisa diperbaiki  -- pengalaman sekian tahun  dalam
        menyelenggarakan  dan  mengelola  siaran  radio  pendidikan  telah  mela-
        hirkan  adanya  suatu jaringan kerja  yang  luas,  terjalinnya kerjasama de-
        ngan berbagai pihak dan tersedianya sejurnlah tenaga pengelola yang cu-

                                       197
   193   194   195   196   197   198   199   200   201   202   203