Page 126 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 126
3. Pendidikan Terbuka sebagai Layanan Publik
Pendidikan terbuka dan jarak jauh baik pada jenjang
menengah maupun perguruan tinggi pada era mileneal ini
menjadi sangat strategis karena mempunyai daya jangkau
yang luas dan masif sehingga dapat mempercepat pemerataan
pendidikan. Dengan makin banyaknya lulusan SD/MI yang
tidak tertampung di SMP/MTs reguler dan lulusan SMP/MTs
yang tidak semuanya dapat tertampung di SMA/MA/SMK
reguler, dan hanya sedikitnya lulusan SMA/MA/SMK yang
dapat tertampung di perguruan tinggi konvensional maka
model pendidikan terbuka dan jarak menjadi salah satu solusi.
Dengan model ini upaya mencerdaskan kehidupan bangsa
menjadi lebih cepat dicapai.
Tulisan ini menjelaskan bagaimana pemerintah dapat
mengimplementasikan model pendidikan terbuka dan jarak
jauh untuk mempercepat tercapainya misi mencerdaskan
kehidupan bangsa sebagaimana mandat konstitusi yang
tercantum dalam Pembukaan UUD NRI 1945.
MANDAT KONSTITUSI
Pembukaan UUD 1945 telah memberikan arah yang jelas
bahwa tujuan pendirian Negara Republik Indonesia adalah
untuk mewujudukan keadilan sosial bagi seluruh rakyat
Indonesia. Untuk mencapai tujuan final tersebut dilakukan
tujuan antara sebagai prasyaratnya:
(1) melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh
tumpah darah Indonesia;
(2) memajukan kesejahteraan umum;
(3) mencerdaskan kehidupan bangsa; dan
(4) ikut melaksanakan ketertiban dunia.
Dua tujuan antara yang sangat menentukan terwujudnya
keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah memajukan
kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
119