Page 121 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 121

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 digunakan oleh MOOCs yang dikembangkan oleh institusi dan
                 individu di Cina. Namun demikian, seiring dengan data yang
                 menunjukkan  bahwa  peserta  MOOCs  datang  dari  berbagai
                 penjuru  dunia,  penyedia  MOOCs  yang  berbasis  di  negara-
                 negara  barat  seperti  Coursera  dan  edX  mulai  menyasar
                 peserta internasional  sebagai  target  audience  mereka,  dan
                 mulai  banyak  menawarkan  MOOCs  dalam  berbagai  bahasa.
                 Data Class Central menunjukkan bahwa pada 2019 setidaknya
                 ada  24  bahasa  yang  digunakan  dalam  perkuliahan  MOOCs,
                 namun seperti diperlihatkan Gambar 3, persentase terbesar
                 masih tetap dalam Bahasa Inggris (https://www.classcentral.
                 com/languages). Hal ini tentu menjadi kendala bagi sebagian
                 besar orang yang tidak berbahasa Inggris.


                 REFERENSI
                 Belawati, T. (2019) Massive open online courses. The state of
                       practice in Indonesia. In K. Zhang, C.J. Bonk, T.C. Reeves,
                       and T.H. Reynolds. MOOCs and Open Education in The
                       Global South. Challenges, Successes, and Opportunities
                       (hal. 63-71). New York and London: Routledge.
                 Belawati, T. (2014). Open education, open educational resources
                       and massive open online courses. International Journal
                       of Continuing Education and Lifelong Learning (IJCELL),
                       7(1).
                 Dhanarajan,  G.  and  Porter,  D.  (2013).  Open  educational
                       resources: Asian perspective. Vancouver, B.C., Canada:
                       Commonwhealth of Learning.
                 Hollands,  F.  &  Tirthali,  D.  (2014).  MOOCs:  Expectations  and
                       reality. Full Report for the Center for Benefit-Cost Studies
                       of Education. Teachers College, Columbia University.
                 Shah, D. (2019). By the numbers: MOOCs in 2019. Dilihat pada
                       tanggal 6 Februai 2020 dari https://www.classcentral.
                       com/report/moocs-2019-stats/ pada







                                          112
   116   117   118   119   120   121   122   123   124   125   126