Page 118 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 118

2. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Sosial


                   beberapa perguruan tinggi dan institusi lain yang menjadi
                   pengembang MOOCs. Saat ini ada 36 judul MOOCs yang
                   ditawarkan pada berbagai bidang,  dan hingga tahun
                   2017 dilaporkan telah mencatat jumlah peserta kumulatif
                   sebesar 154.751 orang.
               •  SPADA  atau  Sistem  Pembelajaran  Daring  Indonesia
                   (https://spada.ristekdikti.go.id/pages/kuliah-terbuka)
                   berawal dari suatu proyek Kementerian Riset, Teknologi
                   dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2015.  Dimulai dengan
                   menawarkan  MOOCs  dari  tujuh  universitas,  kini  SPADA
                   menawarkan 202 MOOCs dari berbagai perguruan tinggi
                   negeri maupun swasta.

               PENUTUP
               Sumber pembelajaran terbuka atau yang lebih dikenal dengan
               sebutan  OERs  merupakan  suatu  inovasi  dalam  penyebaran
               ilmu  pengetahuan  kepada  masyarakat  dengan  cara  yang
               sangat  egaliter.  Gerakan  OERs  telah  mampu  mendobrak
               dinding-dinding perpustakaan dan ruang-ruang kelas sehingga
               sumber-sumber ilmu pengetahuan (buku, guru, dosen) yang
               dahulu hanya dapat diakses oleh sekelompok kecil masyarakat
               yang  memiliki  kemampuan  khusus  (kemampuan  ekonomi
               ataupun intelegensia sehingga mampu masuk dan berkuliah di
               kampus-kampus baik dan terkenal) menjadi terbuka dan dapat
               diakses oleh masyarakat yang lebih luas. Demikian pula dengan
               MOOCs,  ‘perkuliahan’  yang  dahulu  hanya  mampu  diikuti
               sekelompok  kecil  mahasiswa  karena  keterbatasan  tempat
               sekarang dapat diikuti oleh jumlah besar mahasiswa dan dari
               berbagai belahan dunia. Praktik OER dan MOOCs secara nyata
               menerjemahkan filosofi bahwa ‘ilmu pengetahuan merupakan
               milik publik’ dan setiap orang memiliki hak untuk mengakses
               ilmu  pengetahuan,  serta  mengimplementasikan  konsep
               keterbukaan  dalam  pendidikan  berdasarkan  paradigma
               sharing.  Dengan  kata  lain,  pendekatan  OERs  dan  MOOCs





                                          109
   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123