Page 120 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 120

2. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Sosial


               Di  tingkat  Asia  pun  penetrasi  Internet  sangat  bervariasi,
               dari yang terendah Afganistan (19,7%) hingga Korea Selatan
               (95,5%). Secara khusus, penetrasi internet di Indonesia adalah
               sekitar 63,5% dengan jumlah total pengguna Internet sebanyak
               171.160.000  orang.  Walaupun  data  ini  menunjukkan  angka
               yang  cukup  besar,  namun  isu  bandwidth  yang  menentukan
               kecepatan  koneksi  Internet  serta  harga  koneksi  yang  masih
               mahal dinilai masih menjadi kendala untuk mengakses situs-
               situs  yang  ‘berat’  dari  ukuran  konten  (seperti  video  yang
               banyak digunakan dalam OERs dan MOOCs). Demikian pula,
               harga koneksi Internet di Indonesia masih termasuk tinggi jika
               dibandingkan dengan daya beli masyarakat secara rata-rata. Di
               Asia, biaya Internet Indonesia masuk ranking ke-14 termahal
               dari  35  negara  dan  lebih  mahal  dari  Malaysia,  Singapura,
               dan Korea Selatan yang daya beli masyarakatnya lebih tinggi
               (umbeo.com/cost-of-living/).


















                         Gambar 3. MOOCs Berdasarkan Bahasa

               Dari  sisi  bahasa,  mayoritas  OERs  maupun  MOOCs  masih
               dalam  bahasa  asing.  Shah  (2015)  menyebutkan  bahwa
               Bahasa  Inggris,  Spanyol,  dan  Perancis  merupakan  bahasa
               yang paling banyak digunakan dalam MOOCs. MOOCs dalam
               Bahasa  Inggris  dicatat  mencapai  75%  dari  semua  MOOCs
               yang  ada  secara  global.  Tentu  ini  diluar  Bahasa  Cina  yang





                                          111
   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124   125