Page 119 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 119
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
merupakan bentuk demokratisasi pendidikan yang berpotensi
menciptakan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat. Akses
terhadap informasi dan ilmu pengetahuan merupakan kunci
peningkatan kesejahteraan. Disamping itu, lewat OERs dan
MOOCs, ilmu pengetahuan dapat disebarkan dengan lebih
cepat dan harapannya juga tentu dapat dikembangkan terus
dengan lebih cepat lagi.
Namun demikian, baik OERs maupun MOOCs belum
sepenuhnya dapat menjangkau seluruh orang di seluruh
dunia. Ada dua faktor yang menyebabkan mengapa OERs dan
MOOCs yang sebenarnya bersifat sangat terbuka belum dapat
menjangkau masyarakat di wilayah-wilayah tertentu, yaitu
faktor infrastruktur Internet yang belum merata di seluruh
dunia dan faktor bahasa yang berbeda-beda.
Dari sisi akses Internet, data InternetStats.com menunjukkan
bahwa secara global penetrasi Internet per Septermber 2019
baru mencapai 58,8% dan penetrasi di setiap benua masih
bervariasi dari di Amerika Utara yang sudah mencapai hampir
90% hingga di Afrika yang baru mencapai dibawah 40% (Tabel
2).
Tabel 2. Penetrasi Internet
PENETRATION
WORLD REGIONS
RATE (% POP.)
Afrika 39.60%
Asia 54.20%
Eropa 87.70%
Amerika Latin / Caribbean 68.90%
Timur Tengah 67.90%
Amerika Utara 89.40%
Oceania / Australia 68.40%
WORLD TOTAL 58.80%
Sumber: InternetWorldStats.com
110