Page 109 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 109
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
Pada peta OER kita dapat mencari informasi mengenai
siapa dan dimana saja institusi maupun individual yang
berkecimpung (membuat dan membagikan materi OER),
projek/kegiatan/program apa yang telah, sedang, dan akan
berlangsung terkait OER, kebijakan OER apa saja yang ada
dan dimana, dan lain sebagainya. Berdasarkan warna pada
peta ini, kita dapat melihat dimana negara yang aktivitas
OERnya banyak, sedang, ataupun masih sedikit. Lebih jauh,
data dari peta ini menunjukkan bahwa setidaknya (karena
ada kemungkinan bahwa masih terdapat aktivitas OER yang
datanya belum dimasukkan kedalam peta ini) pada awal 2020
ada 1.147 institusi/organisasi yang memiliki program terkait
OER, 620 repositori OER, 448 projek/program yang sedang
berjalan (per 4 Februari 2020), dan 170 kebijakan terkait OER
baik yang dikeluarkan oleh institusi maupun oleh suatu negara.
Data ini menunjukkan betapa besarnya animo masyarakat
global akan OER.
Bukan hanya masyarakat, banyak pemerintahan yang secara
formal mengadopsi OER. Provinsi British Columbia di Kanada
misalnya, pada tahun 2002 meluncurkan mega program yang
disebut ‘BC open textbook’ yang mendanai pengadaan buku
teks terbuka (baca: gratis) untuk 40 area keilmuan. Program ini
terus dikembangkan dan dilaporkan bahwa sejak 2002 hingga
2020 (dibaca 5 Februari 2020), program BC open textbook ini
telah berhasil menghasilkan 3.572 judul yang dinikmati oleh
sekitar 14.7804 mahasiswa di 40 institusi Pendidikan, dan
diperkirakan telah membantu mahasiswa menghemat biaya
pendidikan hamper sebesar C$15 juta atau sekitar 154 milyar
rupiah. (https://open.bccampus.ca/open-textbook-stats/).
Inisiatif ini telah diikuti oleh provinsi-provinsi lain di Kanada.
100