Page 253 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 253
C'!!mlnni. Ornnomi f'cndlilrkmr.· Su!llu
kapabllitas pelaku maupun kepedulian, partisipasi dan
keberpihakan masyarakat untuk menentukan berfungsi tidaknya
MPMBS.
Struktur meliputi struktur birokrasi, organisasi sekolah,
dan sosial ekonomis budaya. Keterbukaan, kerampingan,
keefisienan, dan kedemokrasian struktur tersebut akan
menentukan efektif tidaknya MPMBS. Demikian juga ada tidaknya
saranalprasarana pend1dikan akan menentukan tarat keber-
hasl!an MPMBS.
Peningkatan mutu pendidikan selain dilakukan dengan
manajemen berbasis sekolah juga dilaksanakan dengan pendidik-
an berbasiskan masyarakat (Community Based Education)
(Pangtuluran & Brah1m, 2002; Mus a. 2001 ). Selanjutnya menurut
Pangtuluran & Brahim, pengertian pendidikan berbasis masya-
rakat adalah pendidikan yang dilakukan masyarakat dan untuk
masyarakat. Arti pendidikan berbasis masyarakat (PBM) adalah
bahwa masyarakat yang menentukan kebijakan serta ikut
berpartisipasi dalam menanggung beban pendidikan bersama
seluruh masyarakat untuk pencapaian pendidikan yang bermutu,
sedang menurut Musa pemerintah bertanggungjawab untuk
membantu dan memberdayakan masyarakat agar mampu
menyelenggarakan pendidikan sesuai nilai sosial budaya, potensi
ekonomi dan sumber daya manusia (SDM) setempat, yang
merupakan prinsip penyelengaraan pendidikan yang berbasis
masyarakat (Community Based Education) dan pengelolaan
pend1dikan berbasis sekolah (Schoof Based Management).
Demikian juga Rahman (2002) menyatakan bahwa
manajemen pendidikan berbasis masyarakat perlu diatur dan
perlu dibentuk dewan sekolah atau komite sekolah yang tugasnya
mempertahankan visi dan juga mempertahankan proses
pendidikan, sedang pelaksanaan pendidikan nantinya bertang-
gungjawab pada dewan atau komite sekolah ini.
236