Page 96 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 96
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 83
Tabel 1. Persentase Mahasiswa Baru Program
Non Pendas Lulusan SLTA Yang Berumur ≤ 20 Tahun
No Masa Registrasi Masukan SLTA
1 2013.1 33.694
2 2013.2 45.969
3 2014.1 52.565
4 2014.2 57.987
5 2015.1 58.873
6 2015.2 64.087
Sumber: BAAPM UT, 2016
Perilaku calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi nampaknya
sesuai dengan teori perilaku konsumen. Perilaku konsumen merupakan
proses pengambilan keputusan dan aktivitas masing-masing individu yang
dilakukan dalam rangka evaluasi, mendapatkan, penggunaan, atau
mengatur barang-barang dan jasa. Beberapa penelitian sebelumnya yang
berkaitan dengan perilaku konsumen dalam memilih lembaga pendidikan
telah dilakukan diantaranya adalah penelitian Yulianto (2001), yakni tentang
faktor-faktor yang dipertimbangkan mahasiswa dalam memilih Sekolah
Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) di kota Semarang. Dia
menyimpulkan bahwa faktor produk, harga, promosi, lokasi, kebudayaan,
kelas sosial, referensi, keluarga, personal traits, proses, kondisi fisik,
motivasi, persepsi, belajar, dan sikap adalah faktor-faktor yang
dipertimbangkan dalam memilih Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan
Komputer di kota semarang dengan total persentase varian sebesar 65,5%
mempertimbangkan faktor tersebut di atas.
Winarno (1997) dalam penelitiannya menyatakan bahwa faktor yang
melandasi pertimbangan seorang mahasiswa dalam memutuskan pilihannya
pada perguruan tinggi adalah reputasi lembaga, program studi yang
ditawarkan, biaya yang dikeluarkan, kondisi fisik, kinerja personil serta
faktor-faktor lain yang melekat pada diri mahasiswa seperti faktor
psikologis, sosial budaya maupun kelompok referensi. Sementara itu
Harahap (2004) yang meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan mahasiswa dalam menempuh pendidikan pada Politeknik LP3I
Medan menghasilkan bahwa faktor proses, biaya, latar belakang sosial
ekonomi, motivasi, fasilitas, referensi, lokasi, promosi, reputasi, dan alumni