Page 94 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 94

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  81


                     Strategi Peningkatan Jumlah Mahasiswa
                 Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka dengan
                   Pendekatan Geographic Information System

                       Arief Rahman Susila dan Etty Puji Lestari

               PENDAHULUAN

                   Salah  satu  titik  berat  kebijakan  pembangunan  pendidikan  nasional
               Indonesia  adalah  aspek  pemerataan  dan  perluasan  akses  pendidikan.
               Kebijakan tersebut diarahkan pada upaya memperluas daya tampung satuan
               pendidikan sesuai dengan prioritas nasional, serta memberikan kesempatan
               yang sama bagi semua peserta didik dari berbagai lapisan masyarakat yang
               berbeda-beda,  baik  secara  sosial,  ekonomi,  gender,  lokasi  tempat  tinggal
               dan  tingkat  kemampuan  intelektual  serta  kondisi  fisik  (Kemdiknas,  2005).
               Kebijakan ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas penduduk Indonesia
               agar  dapat  belajar  sepanjang  hayat  dalam  rangka  peningkatan  daya  saing
               bangsa  di  era  global,  serta  meningkatkan  peringkat  Indek  Pembangunan
               Manusia (IPM).
                   Universitas Terbuka merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang
               menyelenggarakan program pendidikan jarak jauh yang memiliki jangkauan
               luas bagi seluruh warga Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri. Saat
               ini  UT  memiliki  4  fakultas  serta  satu  program  pasca  sarjana.  Program
               pendidikan  di  UT  diselenggarakan  dengan  sistem  terbuka  dan  jarak  jauh.
               Istilah  terbuka  berarti  tidak  ada  batasan  usia,  tahun  ijazah,  masa  belajar,
               waktu registrasi dan frekwensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah
               bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan
               menengah atas (SMA atauyang sederajat). Sementara itu istilah jarak jauh
               berarti  pembelajaran  tidak  dilakukan  secara  tatap  muka  melainkan
               menggunakan  media,  baik  media  cetak  (modul)  maupun  non  cetak
               (audio/video,  komputer/internet,  siaran  radio  dan  televisi).  Dengan
               demikian  UT  diharapkan  dapat  menjangkau  seluruh  lapisan  masyarakat.
               Data  mahasiswa  aktif  bulan  September  2016    menunjukkan  bahwa  UT
               memiliki  64.087  orang  mahasiswa  Non  Pendas  yang  tersebar  dalam  4
               fakultas dan 1 program pasca sarjana.
                   Data  statistik  trend  jumlah  mahasiswa  FKIP,  non  FKIP  dan  program
               pasca  sarjana  (Gambar  1)  menunjukkan  bahwa  terjadi  penurunan  jumlah
   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99