Page 94 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 94
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 81
Strategi Peningkatan Jumlah Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka dengan
Pendekatan Geographic Information System
Arief Rahman Susila dan Etty Puji Lestari
PENDAHULUAN
Salah satu titik berat kebijakan pembangunan pendidikan nasional
Indonesia adalah aspek pemerataan dan perluasan akses pendidikan.
Kebijakan tersebut diarahkan pada upaya memperluas daya tampung satuan
pendidikan sesuai dengan prioritas nasional, serta memberikan kesempatan
yang sama bagi semua peserta didik dari berbagai lapisan masyarakat yang
berbeda-beda, baik secara sosial, ekonomi, gender, lokasi tempat tinggal
dan tingkat kemampuan intelektual serta kondisi fisik (Kemdiknas, 2005).
Kebijakan ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas penduduk Indonesia
agar dapat belajar sepanjang hayat dalam rangka peningkatan daya saing
bangsa di era global, serta meningkatkan peringkat Indek Pembangunan
Manusia (IPM).
Universitas Terbuka merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang
menyelenggarakan program pendidikan jarak jauh yang memiliki jangkauan
luas bagi seluruh warga Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri. Saat
ini UT memiliki 4 fakultas serta satu program pasca sarjana. Program
pendidikan di UT diselenggarakan dengan sistem terbuka dan jarak jauh.
Istilah terbuka berarti tidak ada batasan usia, tahun ijazah, masa belajar,
waktu registrasi dan frekwensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah
bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan
menengah atas (SMA atauyang sederajat). Sementara itu istilah jarak jauh
berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka melainkan
menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non cetak
(audio/video, komputer/internet, siaran radio dan televisi). Dengan
demikian UT diharapkan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
Data mahasiswa aktif bulan September 2016 menunjukkan bahwa UT
memiliki 64.087 orang mahasiswa Non Pendas yang tersebar dalam 4
fakultas dan 1 program pasca sarjana.
Data statistik trend jumlah mahasiswa FKIP, non FKIP dan program
pasca sarjana (Gambar 1) menunjukkan bahwa terjadi penurunan jumlah