Page 431 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 431

Masyarakat Multikultural  397
                                        Pendidikan Karakter Untuk Membangun

               semangat seperti itu akan berkembang, baik secara natural
               maupun kultural, menuju tercapainya persatuan dan kesatuan
               bangsa.


                     Berkaitan  dengan  pendidikan  karakter,  Direktur
               Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Prof.
               Suyanto, PhD, menjelaskan sebagai berikut: karakter adalah
               “cara  berpikir  dan  berprilaku  yang  menjadi  ciri  khas  setiap

               individu  untuk  hidup  dan  bekerjasama,  baik  dalam  lingkup
               kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara”. Lebih
               lanjut, Prof. Suyanto, PhD juga menyebutkan sembilan pilar
               karakter yang berasal dari nilai-nilai luhur universal manusia.


               Sembilan pilar karakter menurut Prof. Suyanto, PhD adalah  :
                 1.  Cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya;
                 2.  Kemandirian dan tanggungjawab;
                 3.  Kejujuran/amanah,

                 4.  Hormat dan santun;
                 5.  Dermawan, suka tolong-menolong dan gotong royong/
                     kerjasama;
                 6.  Percaya diri dan pekerja keras;

                 7.  Kepemimpinan dan keadilan;
                 8.  Baik dan rendah hati, dan;
                 9.  Toleransi, kedamaian, dan kesatuan.

                     Pengertian  karakter  ini  banyak  dikaitkan  dengan
               pengertian  budi  pekerti,  akhlak  mulia,  moral,  dan  bahkan

               dengan kecerdasan ganda (multiple intelligence). Berdasarkan
               pilar  yang  disebutkan  oleh  Prof.  Suyanto,  PhD,  pengertian
               budi pekerti dan akhlak mulia lebih terkait dengan pilar-pilar


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   426   427   428   429   430   431   432   433   434   435   436