Page 426 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 426

392        Pendidikan Karakter Untuk Membangun
                Masyarakat Multikultural

           banyak pendukung pemilu-pilkada yang kalah ternyata tidak mau
           secara legowo mengakui kekalahannya. Selain itu, fenomena
           tawuran antar warga, antar peserta didik, dan antar etnis, juga

           sangat  memerlukan  pilar  karakter  toleransi  (tolerance),  rasa
           hormat (respect), dan persamaan (equality). Sedangkan untuk
           tujuan khusus, misalnya membangkitkan semangat bagi para

           olahragawan  yang  akan  bertanding  di  tingkat  internasional,
           maka pilar rasa percaya diri (trustworthiness) dan keberanian
           (courage) juga harus mendapatkan penekanan tersendiri.

                 Melalui  tulisan  ini  kita  coba  menyampaikan  betapa
           pentingnya pendidikan karakter diajarkan kepada peserta didik

           terutama dimulai dari tingkat pendidikan dasar, karena pada
           masa  kanak-kanak  penanaman  dan  pembentukan  karakter
           sangat  tepat  sesuai  perkembangan  usia  anak.  Karakter  yang
           berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini, karena

           masa  usia  dini  merupakan  masa  kritis  bagi  pembentukan
           karakter  seseorang.  Banyak  pakar  mengatakan  bahwa
           kegagalanpenanamankaraktersejakusiadini,akanmembentuk
           pribadi yang bermasalah dimasa dewasanya kelak. Selain itu,

           menanamkan moral kepada generasi muda adalah usaha yang
           strategis. Oleh karenanya, pendidikan karakter ini sebaiknya
           diterapkan  sejak  usia  kanak-kanak  atau  yang  biasa  disebut
           para  ahli  psikologi  sebagai  usia  emas  (golden  age),  karena

           usia ini terbukti sangat menentukan kemampuan anak dalam
           mengembangkan  potensinya.  Hasil  penelitian  menunjukkan
           bahwa  sekitar  50%  variabilitas  kecerdasan  orang  dewasa
           sudah terjadi ketika anak berusia 4 tahun. Peningkatan 30%

           berikutnya terjadi pada usia 8 tahun, dan 20% sisanya pada

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   421   422   423   424   425   426   427   428   429   430   431