Page 429 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 429

Masyarakat Multikultural  395
                                        Pendidikan Karakter Untuk Membangun

               yang lebih sedikit dibanding pelajaran eksakta. Paling hebat,
               siswa menerima pelajaran agama sekali dalam sepekan. Itu
               pun hanya beberapa jam. Akibatnya banyak siswa lulusan

               tingkat menengah belum sepenuhnya dapat membaca dan
               memahami Al-Quran. Pemberian porsi lebih pada pelajaran
               eksakta ditingkat dasar dan menengah menunjukkan orientasi

               sistem pendidikan kita saat ini adalah intelektualistis.

                     Orang-orang  yang  bermoral  buruk  tentu  saja    tidak
               akan  memimpin  manusia  kearah  yang  lebih  baik,  meskipun
               pemikirannya hebat. Sebab, selain memiliki potensi berpikir
               yang  besar,  manusia  adalah  makhluk  yang  juga  mengalami

               evolusi perilaku.

                     Oleh karena itu, harus dipahami jika peningkatan siswa
               hanya  difokuskan  kepada  peningkatan  intelektual    maka
               aspek lain akan terlupakan, sehingga siswa akan mengalami

               degradasi secara moral. Jika suatu generasi memiliki potensi
               intelektual yang tinggi tanpa di imbangi moral, negara hanya
               akan  menghasilkan  siswa-siswi  yang  profesional  dalam
               ketidakjujuran. Sangat disayangkan.


               Pendidikan        Karakter       Untuk       Membangun
               Masyarakat Multikultural


                     Pendidikan  dan  masyarakat  multikultural  memiliki
               hubungan timbal balik. Artinya, bila pada satu sisi pendidikan
               memiliki  peran  signifikan  guna  membangun  masyarakat
               multikultural,  disisi  lain  masyarakat  multikultural  dengan

               segala karakternya memiliki potensi signifikan  untuk


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   424   425   426   427   428   429   430   431   432   433   434