Page 430 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 430

396        Pendidikan Karakter Untuk Membangun
                Masyarakat Multikultural

           mensukseskan  fungsi  dan  peran  pendidikan.itu  berarti,
           penguatan  disatu  sisi,  langsung  atau  tidak  langsung,  akan
           memberi  penguatan  pada  sisi  lain.  Penguatan  terhadap

           pendidikan,  misalnya  dengan  memperbaiki  sistem  dan
           mengefektifkan  kegiatan  instruksional,  akan  menambah
           keberhasilan  dalam  membangun  masyarakat  multikultural.

           Disisi  lain,  penguatan  pada  masyarakat  multikultural,  yaitu
           dengan  mengelola    potensi    yang    dimiliki    secara    benar,
           akan  menambah  keberhasilan  fungsi  dan  peran  pendidikan
           umumnya. Implikasinya, dilakukannya penguatan pada kedua
           sisi  secara  simultan  akan  memberi  hasil  yang  optimal,  baik

           dari sisi peran pendidikan maupun pembangunan masyarakat
           multikultural sendiri.

                 Dalam konteks membangun masyarakat multikultural
           selain berperan meningkatkan mutu bangsa agar dapat duduk

           sama  rendah,  berdiri  sama  tinggi  dengan  negara-negara
           lain, pendidikan juga berperan memberi perekat berbagai
           perbedaan  diantara  komunitas  kultural  atau  kelompok
           masyarakat yang memiliki latar belakang budaya berbeda

           agar  lebih  meningkat    komitmennya    dalam    berbangsa
           dan  bernegara.  Adapun  perekat  pendidikan  yang  dipakai
           ialah  pembangunan  karakter  dan  semangat  kebangsaan
           atau Nation and Character Building (NCB). Dalam hal ini

           karakter  kebangsaan  merupakan  pengembangan  jati  diri
           bangsa Indonesia yang pernah dikenal sebagai bangsa yang
           ramah, sopan, toleran, dan sebagainya. Sedangkan semangat
           kebangsaan  adalah  keinginan  yang  amat  mendasar  dari

           setiap komponen masyarakat untuk berbangsa. Karakter dan

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   425   426   427   428   429   430   431   432   433   434   435