Page 434 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 434
400 Pendidikan Karakter Untuk Membangun
Masyarakat Multikultural
menjadi intelektual yang handal dalam bidang matematika.
Pengembangan ketujuh potensi kecerdasan tersebut, sudah
barang tentu harus dibarengi dengan pembinaan karakternya.
Arsitek yang handal sudah barang tentu harus memiliki
sembilan pilar karakter yang telah disebutkan. Demikian
seterusnya dengan potensi kecerdasan yang lainnya.
Rangkuman
Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan
Pendidikan Nasional. Pasal I UU Sisdiknas tahun 2003
menyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional
adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki
kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Amanah UU
Sisdiknas tahun 2003 itu bermaksud agar pendidikan tidak
hanya membentuk insan Indonesia yang cerdas, namun juga
berkepribadian atau berkarakter, sehingga nantinya akan
lahir generasi bangsa yang tumbuh berkembang dengan
karakter yang bernafas nilai-nilai luhur bangsa serta agama.
Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina
sejak usia dini. Usia dini merupakan masa kritis bagi
pembentukan karakter seseorang. Banyak pakar mengatakan
bahwa kegagalan penanaman karakter sejak usia dini, akan
membentuk pribadi yang bermasalah dimasa dewasanya
kelak. Selain itu, menanamkan moral kepada generasi muda
adalah usaha yang strategis. Oleh karena itu penanaman
moral melalui pendidikan karakter sedini mungkin kepada
anak-anak adalah kunci utama untuk membangun bangsa.
PROFIL GURU MASA DEPAN