Page 427 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 427

Masyarakat Multikultural  393
                                        Pendidikan Karakter Untuk Membangun

               pertengahan atau akhir dasawarsa kedua. Dengan demikian,
               pendidikan karakter sebaiknya dimulai dari dalam  keluarga,
               yang  merupakan  lingkungan  pertama  bagi  pertumbuhan

               karakter anak, kemudian selanjutnya diberikan saat anak-anak
               masuk dalam lingkungan sekolah, terutama pada pendidikan
               dasar. Adapun tujuan dari pendidikan karakter menurut Malik

               (2016), meningkatkan perilaku/implementasi kebajikan  yang
               timbul dari dorongan diri sendiri. Misi ini menekankan bahwa
               tujuan  dari  pendidikan  karakter  adalah  untuk  membentuk
               perilaku  siswa  dimasa  kini  dan  masa  depan,  tidak  hanya
               untuk  membuat  siswa  mampu  berpikir  dan  menyampaikan

               pemahaman tentang nilai-nilai dengan cerdas.

                     Disamping  itu,  faktor  keluarga  sangat  berperan  dalam
               membentuk karakter anak. Namun kematangan emosi sosial
               ini  selanjutnya  sangat  dipengaruhi  oleh  lingkungan  sekolah

               sejak usia dini sampai usia remaja. Bahkan menurut Daniel
               Goleman, banyaknya orang tua yang gagal  dalam  mendidik
               anak-anak,  kematangan,  emosi  sosial  anak  dapat  dikoreksi
               dengan  memberikan  latihan  pendidikan  karakter  kepada

               anak-anak di sekolah terutama sejak usia dini. Sekolah adalah
               tempat yang strategis untuk pendidikan karakter karena anak-
               anak  dari  semua  lapisan  akan  mengenyam  pendidikan  di
               sekolah.  Selain  itu  anak-anak  menghabiskan  sebagian  besar

               waktunya  di  sekolah,  sehingga  apa  yang  didapatkannya  di
               sekolah akan mempengaruhi pembentukan karakternya.

                     Di  samping  itu  di  pendidikan  dasarlah  awal  si  anak
               memasuki kehidupan sosial yang lebih luas, lebih beragam,



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   422   423   424   425   426   427   428   429   430   431   432