Page 428 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 428
394 Pendidikan Karakter Untuk Membangun
Masyarakat Multikultural
dan mulai menghadapi berbagai perbedaan-perbedaan sesuai
kenyataan sebagai cerminan keragaman masyarakat luas,
yaitu masyarakat Indonesia yang berbhinneka yang kelak
akan ditemukan dalam kehidupan nyata. Dengan diajarkannya
pendidikan karakter mulai di pendidikan dasar, diharapkan
peserta didik akan tumbuh menjadi pribadi yang toleran,
menghargai perbedaan, saling menghormati, jujur, adil,
disiplin dan sikap-sikap luhur lainnya, yang selaras dengan
kenyataan masyarakat Indonesia yang multikultural.
Menurut Koran Republika, yang menulis tentang
orientasi pendidikan mengatakan, dunia pendidikan kita saat
ini hanya menginginkan siswa-siswi yang cerdas, kreatif,
kritis, dan berprestasi secara akademik. Padahal, tujuan
pendidikan nasional adalah manusia Indonesia yang utuh,
yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berbudi
pekerti luhur.
Disamping itu, tujuan pendidikan nasional belum
sepenuhnya terimpelemntasikan dalam kurikulum tingkat
satuan pendidikan yang rupanya lebih menekankan aspek
kognitif siswa. Jika pembelajaran konstektual dapat
disesuaikan dengan konteks lingkungan maka akan berdampak
positif bagi murid, khususnya pada pelajaran agama.
Sayangnya, pembelajaran kontekstual saat ini
lebih cenderung pada pembelajaraan eksakta. Belum
sepenuhnya menyentuh pelajaraan agama, karena minimnya
pembelajaraan agama dibanding pelajaran lain. Pelajaran
agama ditingkat dasar dan menengah negeri memiliki porsi
PROFIL GURU MASA DEPAN