Page 336 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 336
306 Media Instruksional
instruksional yang digunakan harus dipilih berdasarkan
karakter peserta didik dan sesuai dengan kebutuhan peserta
didik.
Pemilihan Media Instruksional yang Tepat Untuk
Kegiatan Instruksional
Hampir semua para pendidik sependapat bahwa
karaktristik peserta didik haruslah diperhatikan dan
dipertimbangkan bila memilih media instruksional. Namun
begitupun sampai saat sekarang belum ada kesepakatan
pendapat tentang karaktristik mana yang lebih diutamakan
atau lebih penting. Perlu penelitian yang lebih lanjut untuk
mengidentifikasi karaktristik peserta didik mana yang dapat
disesuaikan dengan media instruksional yang digunakan.
Banyak para ahli mengakui bahwa disebabkan oleh perbedaan
karaktristik, peserta didik akan lebih beruntung bila menerima
media instruksional yang cocok dengan karaktristik yang
dimilikinya.Karaktristikpesertadidikmerupakanfaktorpenting
untuk mencapai efektivitas didalam kegiatan instruksional.
Karaktristik peserta didik mengarah dan cenderung berpusat
kepada diri peserta didik, maka aspek-aspek yang bersifat
induvidual menjadi sangat relevan diperhatikan.
Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Briggs
pada tahun 1968, ada interaksi antara karaktristik peserta
didik dengan media instruksional tertentu. Penelitian tersebut
mengidentifikasi adanya beberapa keterampilan intelektual
dan karaktristik kpribadian yang dapat dihubungkan
PROFIL GURU MASA DEPAN