Page 336 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 336

306        Media Instruksional

           instruksional  yang  digunakan  harus  dipilih  berdasarkan
           karakter  peserta  didik  dan  sesuai  dengan  kebutuhan  peserta

           didik.

           Pemilihan Media Instruksional yang Tepat Untuk

           Kegiatan Instruksional

                 Hampir  semua  para  pendidik  sependapat  bahwa
           karaktristik  peserta  didik  haruslah  diperhatikan  dan
           dipertimbangkan  bila  memilih  media  instruksional.  Namun

           begitupun  sampai  saat  sekarang  belum  ada  kesepakatan
           pendapat  tentang  karaktristik  mana  yang  lebih  diutamakan
           atau  lebih  penting.  Perlu  penelitian  yang  lebih  lanjut  untuk
           mengidentifikasi  karaktristik  peserta  didik  mana  yang  dapat

           disesuaikan  dengan  media  instruksional  yang  digunakan.
           Banyak para ahli mengakui bahwa disebabkan oleh perbedaan
           karaktristik, peserta didik akan lebih beruntung bila menerima
           media  instruksional  yang  cocok  dengan  karaktristik  yang
           dimilikinya.Karaktristikpesertadidikmerupakanfaktorpenting

           untuk  mencapai  efektivitas  didalam  kegiatan  instruksional.
           Karaktristik peserta didik mengarah dan cenderung berpusat
           kepada  diri  peserta  didik,  maka  aspek-aspek  yang  bersifat

           induvidual menjadi sangat relevan diperhatikan.

                 Menurut  hasil  penelitian  yang  dilakukan  oleh  Briggs
           pada  tahun  1968,  ada  interaksi  antara  karaktristik  peserta
           didik dengan media instruksional tertentu. Penelitian tersebut

           mengidentifikasi  adanya  beberapa  keterampilan  intelektual
           dan karaktristik kpribadian yang dapat dihubungkan



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   331   332   333   334   335   336   337   338   339   340   341