Page 334 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 334
304 Media Instruksional
Technology (AECT) Amerika (2012), media instruksional
adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk
menyalurkan pesan dan informasi. Dengan kata lain, media
instruksional ini dapat diartikan sebagai teknologi pembawa
pesan yang dapat digunakan untuk kepentingan instruksional.
Media instruksional ini berhasil dalam menyalurkan pesan,
apabila peserta didik setelah menerima pesan terjadi perubahan
tingkah laku. Penggunaan media instruksional yang tepat dapat
memberi pengaruh terhadap perubahan prilaku peserta didik.
Menurut Heinich (1996), salah satu cara untuk meningkatkan
efektivitas hasil belajar dalam kegiatan instruksional adalah
dengan menggunakan media instruksional. Sebab peserta didik
bisa belajar secara efektif, di mana materi pelajaran sudah
tersusun sedemikian rupa, termasuk di dalamnya kombinasi
penggunaan beberapa jenis media instruksional. Saat sekarang
ini, media instruksional telah dipergunakan untuk berbagai
kegiatan instruksional.
Menurut Gagne, (1985) penggunaan media instruksional
untuk berbagai kegiatan instruksional menunjukkan
perkembangan yang sangat bervariasi dan pesat. Penggunaan
media instruksional dapat memberi pengaruh terhadap
perubahanprilakupesertadidik. Di dalamkegiataninstruksional
media harus dijadikan bagian yang tidak terpisahkan (integral)
dengan kegiatan instruksional. Sebagaimana telah disimpulkan
oleh banyak penelitian, kegiatan instruksional akan bisa
diperkaya apabila disampaikan dengan berbagai cara dan
menggunakan berbagai jenis media instruksional.
PROFIL GURU MASA DEPAN