Page 337 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 337
Media Instruksional 307
dengan keberhasilan belajar dengan menggunakan media
instruksional. Setiap media instruksional memiliki kelebihan
dan kekurangan, belum ada satu jenis media instruksional
yang dapat digunakan untuk semua peserta didik. Banyak
faktor yang mempengaruhi dan yang perlu dipertimbangkan
dalam memilih media instruksional yang akan digunakan oleh
peserta didik.
Menurut Braby, Reiser dan Gagne, (1985) pada
dasarnya jenis dan sifat media instruksional berpengaruh
pada sifat komunikasi pembelajaran. Oleh karena itu,
Rowntree dan Bates, (1995) sependapat bahwa pemilihan
media instruksional perlu memperhatikan beberapa faktor
sebagai berikut:
1. Akses terhadap media baik bagi peserta didik maupun
institusi,
2. Biaya,dan
3. Peranan media dalam kegiatan instruksional.
Sejalan dengan pendapat tersebut, Gagne & Reiser
(1978), menambahkan pemilihan media instruksional harus
mempertimbangkan tiga faktor berikut ini, yaitu :
1. Atribut media itu sendiri,
2. Karakteristik peserta didik, dan
3. Setting.
Disisi lain, Kemp (1994) mengatakan secara umum,
beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih
jenis media yang akan digunakan untuk keperluan kegiatan
instruksional adalah sebagai berikut :
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN