Page 337 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 337

Media Instruksional       307


               dengan keberhasilan belajar dengan menggunakan media
               instruksional. Setiap media instruksional memiliki kelebihan
               dan  kekurangan,  belum  ada  satu  jenis  media  instruksional

               yang  dapat  digunakan  untuk  semua  peserta  didik.  Banyak
               faktor yang mempengaruhi dan yang perlu dipertimbangkan
               dalam memilih media instruksional yang akan digunakan oleh

               peserta didik.

                     Menurut  Braby,  Reiser  dan  Gagne,  (1985)  pada
               dasarnya  jenis  dan  sifat  media  instruksional  berpengaruh
               pada  sifat  komunikasi  pembelajaran.  Oleh  karena  itu,
               Rowntree  dan  Bates,  (1995)  sependapat  bahwa  pemilihan

               media  instruksional  perlu  memperhatikan  beberapa  faktor
               sebagai berikut:
                1.  Akses terhadap media baik bagi peserta didik maupun
                     institusi,

                2.  Biaya,dan
                3.  Peranan media dalam kegiatan instruksional.
                     Sejalan  dengan  pendapat  tersebut,  Gagne  &  Reiser
               (1978),  menambahkan  pemilihan  media  instruksional  harus

               mempertimbangkan tiga faktor berikut ini, yaitu :
                1.  Atribut media itu sendiri,
                2.  Karakteristik peserta didik, dan
                3.  Setting.


                     Disisi  lain,  Kemp  (1994)  mengatakan  secara  umum,
               beberapa  faktor  yang  perlu  diperhatikan  dalam    memilih
               jenis  media  yang  akan  digunakan  untuk  keperluan  kegiatan
               instruksional adalah sebagai berikut :



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   332   333   334   335   336   337   338   339   340   341   342