Page 335 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 335

Media Instruksional       305


                     Disisi lain, menurut Kemp, (1994) media instruksional
               dapat diterima peserta didik melalui pendengaran, penglihatan,
               perabaan  dan  penciuman.  Tiap  peserta  didik  mempunyai

               kemampuan  yang  berbeda  dalam  penerimaan  tersebut.  Ada
               yang lebih cepat menangkap pelajaran melalui pendengaran,
               tetapi  ada  pula  melalui  penglihatan.  Media  instruksional

               yang  digunakan  dalam  kegiatan  instruksional  yang  sesuai
               dengan berbagai jenis indra yang dimiliki oleh peserta didik
               sangat  menunjang  keberhasilan  kegiatan  instruksional.
               Menurut penelitian yang dilakukan oleh British Audio Visual
               Association bahwa rata-rata jumlah informasi yang diperoleh

               seorang melalui media instruksional menunjukkan komposisi
               sebagai berikut:
                1.  Melalui media penglihatan atau visual (80%),

                2.  Melalui indra pendengaran atau auditori (14%),
                3.  Melalui indra penciuman dan rasa (6%).

                     Keadaan  ini  memperlihatkan  relevansi  dan  kegunaan
               sumber daya informasi yang bersifat visual dalam kemampuan
               menerima informasi tidak perlu diragukan lagi. Pemilihan dan
               penggunaan  jenis  media  instruksional  mempunyai  pengaruh
               yang sangat besar terhadap kegiatan instruksional. Jenis media
               instruksional mana yang akan dipakai sangat tergantung kepada

               tujuan yang ingin dicapai, sifat bahan ajar, ketersediaan media
               tersebut dan juga kemampuan guru dalam menggunakannya,
               terutama disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Guru
               harus  dapat  secara  tepat  menggunakan  media  instruksional
               sehingga  media  yang  digunakan  paling  layak  untuk  situasi
               belajar yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, media



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   330   331   332   333   334   335   336   337   338   339   340