Page 335 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 335
Media Instruksional 305
Disisi lain, menurut Kemp, (1994) media instruksional
dapat diterima peserta didik melalui pendengaran, penglihatan,
perabaan dan penciuman. Tiap peserta didik mempunyai
kemampuan yang berbeda dalam penerimaan tersebut. Ada
yang lebih cepat menangkap pelajaran melalui pendengaran,
tetapi ada pula melalui penglihatan. Media instruksional
yang digunakan dalam kegiatan instruksional yang sesuai
dengan berbagai jenis indra yang dimiliki oleh peserta didik
sangat menunjang keberhasilan kegiatan instruksional.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh British Audio Visual
Association bahwa rata-rata jumlah informasi yang diperoleh
seorang melalui media instruksional menunjukkan komposisi
sebagai berikut:
1. Melalui media penglihatan atau visual (80%),
2. Melalui indra pendengaran atau auditori (14%),
3. Melalui indra penciuman dan rasa (6%).
Keadaan ini memperlihatkan relevansi dan kegunaan
sumber daya informasi yang bersifat visual dalam kemampuan
menerima informasi tidak perlu diragukan lagi. Pemilihan dan
penggunaan jenis media instruksional mempunyai pengaruh
yang sangat besar terhadap kegiatan instruksional. Jenis media
instruksional mana yang akan dipakai sangat tergantung kepada
tujuan yang ingin dicapai, sifat bahan ajar, ketersediaan media
tersebut dan juga kemampuan guru dalam menggunakannya,
terutama disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Guru
harus dapat secara tepat menggunakan media instruksional
sehingga media yang digunakan paling layak untuk situasi
belajar yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, media
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN