Page 331 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 331

Media Instruksional       301

                                        BAB 8

                           MEDIA INSTRUKSIONAL



               Pendahuluan
               D          alam usaha peningkatan mutu instruksional, media

                 instruksional akan memberikan kontribusi yang besar  untuk
               mencapai kompetensi peserta didik sesuai dengan tujuan yang

                  sudah ditetapkan. Satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh
                    seorang guru profesional di dalam kegiatan instruksional
                adalah masalah penggunaan media instruksional. Oleh karena
                 itu, gurudidalamkegiataninstruksionalnyamediainstruksional

                harus dijadikan bagian yang integral artinya tidak terpisahkan
               dari seluruh kegiatan instruksional. Dengan demikian, banyak
                   cara yang dapat Anda lakukan sebagai seorang guru untuk
                  diberikan kepada peserta didik, agar ada perubahan tingkah
                       laku dan capaian pembelajaran yang sudah ditetapkan

                 tercapai. Salah satu cara adalah dengan menggunakan media
               instruksional yang berisikan pesan instruksional, bukan hanya
                  sekedar untuk menarik perhatian peserta didik atau sebagai

                  alat hiburan. Ada banyak cara mengajar di mana Anda bisa
               memilih kegiatan instruksional dengan menggunakan berbagai
               jenis media instruksional untuk dipadukan dengan kebutuhan,
               minat, dan karaktristik peserta didik.


                     Dengan  menggunakan  media  instruksional  di  dalam
               kegiatan instruksional, peserta didik bisa belajar secara efektif,
               di mana materi pelajaran sudah dirancang dengan sangat



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   326   327   328   329   330   331   332   333   334   335   336