Page 332 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 332

302        Media Instruksional

           menarik  dan  tidak  membosankan,  peserta  didik  bisa  lebih
           kreatif  dan  dapat  memperkaya  imajinasinya.  Penggunaan
           media  instruksional  untuk  berbagai  kegiatan  instruksional

           menunjukkan perkembangan yang sangat bervariasi dan pesat.
           Kemajuan teknologi informasi telah memberikan kemudahan
           dalam  merancang  media  instruksional  secara  sederhana,

           cepat  dan  berkualitas.  Banyak  cara  yang  dapat  diberikan
           kepada peserta didik, agar ada perubahan prilaku dan capaian
           pembelajaran  tercapai.  Jika  kegiatan  instruksional  hanya
           memberikan satu cara saja (only one way to teach). Kegiatan
           instruksional seperti ini akan sangat membosankan dalam hal

           kreativitas dan imajinasi peserta didik.


           Bacalah bab delapan ini dengan baik-baik, setelah Anda
           memahaminya diharapkan Anda dapat :

            1.  Menerapkan penggunaan media instruksional dalam

               kegiatan instruksional.
            2.  Mampu memilih media instruksional yang tepat untuk
               digunakan dalam kegiatan instruksional.
            3.  Mendeskripsikan jenis-jenis media instruksional.




           Pengertian Media Instruksional

                 Pada  dasarnya  kegiatan  instruksional  adalah  kegiatan
           komunikasi.  Dalam  kegiatan  komunikasi  ini  guru  berperan

           sebagai  sumber  pesan,  dan  peserta  didik  sebagai  penerima
           pesan. Menurut Heinich (1996), agar pesan tersebut dapat



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   327   328   329   330   331   332   333   334   335   336   337