Page 196 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 196
174 Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu
kesatuan program melalui pendekatan antardisiplin dan
multidisiplin.
Holistik
Mengandung makna menyeluruh atau utuh. Pendekatan
holistik memandang manusia secara utuh, dalam arti
manusia dengan unsur kognitif, afeksi dan prilakunya.
Manusia juga tidak bisa berdiri sendiri, namun terkait
erat dengan lingkungannya.
Integratif
Rancangan pembelajaran yang menyajikan bahan
ajar secara terpadu, yaitu dengan menyatukan,
menghubungkan, atau mengaitkan bahan ajar sehingga
tidak ada yang berdiri sendiri atau terpisah-pisah.
Saintifik
Menyentuh tiga ranah pembelajaran, yaitu, sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Melalui penguatan
ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara
terintegrasi maka diharapkan akan diperoleh hasil
belajar berupa peserta didik yang produktif, kreatif,
inovatif, dan afektif.
Konstektual
PROFIL GURU MASA DEPAN