Page 197 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 197
Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
Konsep belajar dimana guru memberi materi belajar
kepada peserta didik mengaitkan antara materi yang
diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik.
Tematik
Capaian pembelajaran lulusan diraihkan melalui
kegiatan instruksional yang disesuaikan dengan
karaktristik keilmuan program studi dan dikaitkan
dengan permasalahan nyata melalui pendekatan
transdisiplin.
Efektif
Menekankan keaktifan peserta didik dalam
pembelajaran, baik secara fisik, mental, intelektual,
maupun emosional guna tercapainya hasil belajar yang
optimal dengan mempertimbangkan hasrat, minat dan
kemampuan peserta didik sehingga mereka termotivasi
untuk terus-menerus belajar.
Kolaboratif
Suatu cara belajar antara dua orang atau lebih dengan
tujuan yang sama dan adanya ketergantungan satu sama
lain. Dalam pembelajaran kolaboratif peserta didik
dapat mengembangkan pengetahuan bersama maupun
pengetahuan individu.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN