Page 194 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 194

172        Karakteristik Kegiatan Instruksional
                Dan Hasil Belajar

            didik  perlu  belajar.  Arti  dari  belajar  adalah  merupakan

            proses bagi manusia untuk menguasai berbagai kompetensi,
            keterampilan, dan sikap.

                 Kegiatan  instruksional  dimulai  sejak  manusia  masih
            bayi  sampai  sepanjang  hayatnya.  Kapasitas  manusia  untuk

            belajar  merupakan  karakteristik  penting  yang  membedakan
            manusia dari makhluk hidup lainnya. Sementara itu Heinich

            (1996)  mengatakan  belajar  adalah  hasil  dari  perkembangan
            ilmu  pengetahuan  yang  baru,  keterampilan  dan  sikap.
            Perubahan  ini  disebabkan  adanya  interaksi  individu  dengan

            informasi yang diterimanya dari lingkungan.


                 Belajar  adalah  suatu  perubahan  dalam  kemampuan
            yang relatif tetap  atau  kemampuan  yang  bertahan   lama
            dan  bukan  berasal  dari  proses  pertumbuhan.  Agar  peserta

            didik  dapat  mengikuti  kegiatan  instruksional  yang  tepat
            dengan  kemampuan  dan  kondisi  peserta  didik,  diperlukan
            berbagai  usaha  untuk  mengantisipasi  kondisi  ini.  kegiatan

            instruksional  hendaklah  antisipasif,  mampu  menjangkau  ke
            depan.  Standar  kegiatan  instruksional  merupakan  kreteria
            minimal  tentang  pelaksanaan  pembelajaran  pada  program

            studi untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan. Disisi
            lain, perlu memperhatikan karaktristik kegiatan instruksional

            yang terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik,
            konstektual,  tematik,  efektif,  kolaboratif,  dan  berpusat  pada
            peserta didik.


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   189   190   191   192   193   194   195   196   197   198   199