Page 194 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 194
172 Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
didik perlu belajar. Arti dari belajar adalah merupakan
proses bagi manusia untuk menguasai berbagai kompetensi,
keterampilan, dan sikap.
Kegiatan instruksional dimulai sejak manusia masih
bayi sampai sepanjang hayatnya. Kapasitas manusia untuk
belajar merupakan karakteristik penting yang membedakan
manusia dari makhluk hidup lainnya. Sementara itu Heinich
(1996) mengatakan belajar adalah hasil dari perkembangan
ilmu pengetahuan yang baru, keterampilan dan sikap.
Perubahan ini disebabkan adanya interaksi individu dengan
informasi yang diterimanya dari lingkungan.
Belajar adalah suatu perubahan dalam kemampuan
yang relatif tetap atau kemampuan yang bertahan lama
dan bukan berasal dari proses pertumbuhan. Agar peserta
didik dapat mengikuti kegiatan instruksional yang tepat
dengan kemampuan dan kondisi peserta didik, diperlukan
berbagai usaha untuk mengantisipasi kondisi ini. kegiatan
instruksional hendaklah antisipasif, mampu menjangkau ke
depan. Standar kegiatan instruksional merupakan kreteria
minimal tentang pelaksanaan pembelajaran pada program
studi untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan. Disisi
lain, perlu memperhatikan karaktristik kegiatan instruksional
yang terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik,
konstektual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada
peserta didik.
PROFIL GURU MASA DEPAN