Page 190 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 190
168 Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
Tujuan pembelajaran efektif, agar menumbuhkan
motivasi kepada peserta didik, belajar sesuatu yang
bermanfaat, seperti keterampilan untuk kehidupan, fakta,
dan bermanfaat bagi peserta didik.
8. Kolaboratif
Kolaboratif adalah metode pembelajaran dimana
peserta didik saling bekerjasama sesama peserta didik
untuk belajar sesuatu, seperti menyelesaikan masalah
dan menyelesaikan tugas. Peserta didik berkumpul untuk
melakukan kerjasama, yang akan menghasilkan suatu
produk, melalui sharing dan adanya interaksi sosial antara
sesama peserta didik, dibandingkan dengan mereka belajar
sendiri. Teori yang mendasari pembelajaran kolaboratif
ini adalah teori Piaget tentang belajar anak, dimana anak-
anak belajar ketika mereka siap untuk belajar, peserta
PROFIL GURU MASA DEPAN