Page 188 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 188
166 Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
Menurut Barbara Rohde dan Kostelnik, et.al.
(1991), dalam Model-model Belajar dan Rumpun Model
Mengajar, (Anitah, Sri, W, dkk (2014). Mengemukakan
karaktristik pembelajaran Tematik lebih banyak dilakukan
melalui pengalaman langsung atau hands on expriences.
Secara rinci adalah sebagai berikut:
a. Memberikan pengalaman langsung dengan objek-
objek yang nyata bagi peserta didik untuk menilai
dan memanipulasinya.
b. Menciptakan kegiatan dimana anak menggunakan
semua pemikirannya.
c. Membangun kegiatan sekitar minat-minat umum
peserta didik.
d. Membantu peserta didik mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan baru yang didasarkan
pada apa yang telah mereka ketahui dan kerjakan.
e. Menyediakan kegiatan dan kebiasaan yang
menghubungkan semua aspek perkembangan
kognitif, emosi, sosial dan fisik.
f. Mengakomodasi kebutuhan peserta didik untuk
bergerak dan melakukan kegiatan fisik, interaksi
sosial, kemandirian, dan harga diri yang positif.
g. Memberikan kesempatan bermain untuk
menerjemahkan pengalaman kedalam pengertian.
h. Menghargai perbedaan induvidu, latar belakang
budaya, dan pengalaman di keluarga yang dibawa
peserta didik ke kelasnya.
i. Menemukan cara-cara untuk melibatkan anggota
keluarga peserta didik.
PROFIL GURU MASA DEPAN