Page 188 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 188

166        Karakteristik Kegiatan Instruksional
                Dan Hasil Belajar

                     Menurut  Barbara  Rohde  dan  Kostelnik,  et.al.
               (1991), dalam Model-model Belajar dan Rumpun Model

               Mengajar, (Anitah, Sri,  W, dkk (2014). Mengemukakan
               karaktristik pembelajaran Tematik lebih banyak dilakukan
               melalui pengalaman langsung atau hands on expriences.
               Secara rinci adalah sebagai berikut:

                a.  Memberikan  pengalaman  langsung  dengan  objek-
                    objek  yang  nyata  bagi  peserta  didik  untuk  menilai
                    dan memanipulasinya.
                b.  Menciptakan  kegiatan  dimana  anak  menggunakan
                    semua pemikirannya.
                c.  Membangun  kegiatan  sekitar  minat-minat  umum
                    peserta didik.
                d.  Membantu      peserta    didik    mengembangkan

                    pengetahuan dan keterampilan baru yang didasarkan
                    pada apa yang telah mereka ketahui dan kerjakan.
                e.  Menyediakan     kegiatan   dan    kebiasaan   yang
                    menghubungkan      semua    aspek    perkembangan
                    kognitif, emosi, sosial dan fisik.
                f.  Mengakomodasi  kebutuhan  peserta  didik  untuk
                    bergerak  dan  melakukan  kegiatan  fisik,  interaksi

                    sosial, kemandirian, dan harga diri yang positif.
                g.  Memberikan       kesempatan      bermain     untuk
                    menerjemahkan pengalaman kedalam pengertian.
                h.  Menghargai  perbedaan  induvidu,  latar  belakang
                    budaya,  dan  pengalaman  di  keluarga  yang  dibawa
                    peserta didik ke kelasnya.
                i.   Menemukan  cara-cara  untuk  melibatkan  anggota
                    keluarga peserta didik.


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   183   184   185   186   187   188   189   190   191   192   193