Page 183 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 183

Karakteristik Kegiatan Instruksional
                                                          Dan Hasil Belajar

                         Gambar     berikut   ini   memperlihatkan    guru
                   menerapkan pendekatan terpadu.





























                4.  Saintifik
                         Didalam  pembelajaran  bersifat  saintifik,  peserta
                   didik    mengkonstruksi    pengetahuan    bagi    dirinya

                   sendiri.  Pengetahuan  yang  dimilikinya  bersifat  dinamis,
                   berkembang dari sederhana menuju kompleks, dari ruang
                   lingkup dirinya dan tingkat sederhana disekitarnya menuju
                   ruang  lingkup  yang  lebih  luas,  dan  dari  yang  bersifat
                   konkrit menuju abstrak.


                         Kegiatan      instruksional      saintifik      menyentuh
                   tiga    ranah    pembelajaran,    yaitu,   sikap,    pengetahuan
                   dan  keterampilan.  Melalui  penguatan  ranah  sikap,
                   keterampilan, dan pengetahuan secara terintegrasi maka


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   178   179   180   181   182   183   184   185   186   187   188