Page 182 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 182
160 Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
dan aplikasi, konsep-konsep kunci dan proses. Artinya,
capaian pembelajaran lulusan diraih melalui kegiatan
instruksional yang terintegrasi untuk memenuhi capaian
pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu
kesatuan program melalui pendekatan antardisiplin dan
multidisiplin.
Hasil penelitian yang dilakukan Ongonga (2010),
menyatakan, beberapa peserta didik terlibat dan belajar
lebih efektif bila diajarkan dengan menggunakan
pendekatan terpadu daripada menggunakan pemisahan
materi.Hal ini dikarenakan :
a. Peserta didik dapat merasa ada dalam “kehidupan
nyata” kesempatan belajar bermakna dan konteks
yang sesuai dengan budaya.
b. Mengurangi beban tugas–dimana penilaian yang lebih
sedikit untuk memenuhi kebutuhan dua atau lebih dari
sebuah program pembelajaran.
c. Kelas ditangani lebih sedikit guru- dimana guru yang
sama dapat memberikan dua materi pelajaran yang
berbeda sehingga keterlibatan guru dengan peserta
didik semakin sering.
d. Membuat hubungan antara bagian-bagian dari
program menikmati partisipasi dalam kemitraan kerja.
PROFIL GURU MASA DEPAN