Page 182 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 182

160        Karakteristik Kegiatan Instruksional
                Dan Hasil Belajar

               dan  aplikasi,  konsep-konsep  kunci  dan  proses.  Artinya,
               capaian  pembelajaran  lulusan  diraih  melalui  kegiatan

               instruksional yang terintegrasi untuk memenuhi capaian

               pembelajaran  lulusan  secara  keseluruhan  dalam  satu
               kesatuan  program  melalui  pendekatan  antardisiplin  dan
               multidisiplin.



                     Hasil  penelitian  yang  dilakukan  Ongonga  (2010),
               menyatakan,  beberapa  peserta  didik  terlibat  dan  belajar
               lebih  efektif  bila  diajarkan  dengan  menggunakan

               pendekatan  terpadu  daripada  menggunakan  pemisahan

               materi.Hal ini dikarenakan :
                a.  Peserta  didik  dapat  merasa  ada  dalam  “kehidupan
                   nyata”  kesempatan  belajar  bermakna  dan  konteks

                   yang sesuai dengan budaya.

                b.  Mengurangi beban tugas–dimana penilaian yang lebih
                   sedikit untuk memenuhi kebutuhan dua atau lebih dari

                   sebuah program pembelajaran.
                c.  Kelas ditangani lebih sedikit guru- dimana guru yang

                   sama  dapat  memberikan  dua  materi  pelajaran  yang
                   berbeda  sehingga  keterlibatan  guru  dengan  peserta

                   didik semakin sering.
                d.  Membuat  hubungan  antara  bagian-bagian  dari

                   program menikmati partisipasi dalam kemitraan kerja.




           PROFIL GURU MASA DEPAN
   177   178   179   180   181   182   183   184   185   186   187