Page 177 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 177

Karakteristik Kegiatan Instruksional
                                                          Dan Hasil Belajar

                     Kegiatan instruksional belumlah lengkap dan sempurna,
               jika  hanya  enam  komponen  yang  mendukungnya.  Tujuh
               komponen  sebagai  komponen  pendukung  tetap  mempunyai

               peran  yang  penting,  karena  komponen  ini  adalah  penentu
               kualitas, untuk memperoleh kompetensi lulusan seperti yang
               diharapkan  di  dalam  tujuan  instruksional  ditambah  dengan
               empat komponen Suprasistem.

                     Disisi  lain,  menurut  Menteri  Riset,  Teknologi,  Dan

               Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor 44 Tahun 2015
               Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, bahagiankeempat
               Pasal 10 tentang Standar Kegiatan Instruksional, menyatakan:

               Standar  Kegiatan  Instruksional  merupakan  kreteria  minimal
               tentang pelaksanaan pembelajaran pada program studi untuk
               memperoleh capaian pembelajaran lulusan.
                     Standar  Kegiatan  Instruksional  yang  dimaksud  adalah
               mengenai,  karaktristik  kegiatan  instruksional  terdiri    atas

               sifat  interaktif,  holistik,  integratif,  saintifik,  konstektual,
               tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada peserta didik,
               selanjutnya akan diuraikan karakteristik kegiatan instruksional

               berikut ini:

                1.  Interaktif
                         Menurut  Kamus  Bahasa  Indonesia,  interaktif
                   berasal  dari  kata  interaksi,  yaitu  hal  saling  melakukan
                   aksi,  berhubungan,  mempengaruhi,  antar  hubungan.

                   Interaksi terjadi karena adanya aksi dan reaksi, atau adanya
                   hubungan  sebab  akibat.  Didalam  kegiatan  instruksional
                   berbasis teknologi pendidikan, pembelajaran  interaktif


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182