Page 177 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 177
Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
Kegiatan instruksional belumlah lengkap dan sempurna,
jika hanya enam komponen yang mendukungnya. Tujuh
komponen sebagai komponen pendukung tetap mempunyai
peran yang penting, karena komponen ini adalah penentu
kualitas, untuk memperoleh kompetensi lulusan seperti yang
diharapkan di dalam tujuan instruksional ditambah dengan
empat komponen Suprasistem.
Disisi lain, menurut Menteri Riset, Teknologi, Dan
Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor 44 Tahun 2015
Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, bahagiankeempat
Pasal 10 tentang Standar Kegiatan Instruksional, menyatakan:
Standar Kegiatan Instruksional merupakan kreteria minimal
tentang pelaksanaan pembelajaran pada program studi untuk
memperoleh capaian pembelajaran lulusan.
Standar Kegiatan Instruksional yang dimaksud adalah
mengenai, karaktristik kegiatan instruksional terdiri atas
sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, konstektual,
tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada peserta didik,
selanjutnya akan diuraikan karakteristik kegiatan instruksional
berikut ini:
1. Interaktif
Menurut Kamus Bahasa Indonesia, interaktif
berasal dari kata interaksi, yaitu hal saling melakukan
aksi, berhubungan, mempengaruhi, antar hubungan.
Interaksi terjadi karena adanya aksi dan reaksi, atau adanya
hubungan sebab akibat. Didalam kegiatan instruksional
berbasis teknologi pendidikan, pembelajaran interaktif
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN