Page 178 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 178
156 Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
sangat diutamakan, karena proses pembelajaran interaktif
melibatkan seluruh pikiran peserta didik, penglihatan,
pendengaran, keterampilan, dan sekali gus mengerjakan
tugas.
Peserta didik dipacu untuk mengemukakan
pendapatnya, bertanya, menjawab, dan diskusi. Terjadi
dialog antara peserta didik dan guru, komunikasi
dua arah. Karaktristik yang utama dalam kegiatan
instruksional interaktif adalah respon peserta didik
terhadap materi pelajaran dan adanya pemberian umpan
balik oleh guru terhadap respon tersebut.
Program komputer yang dirancang dengan baik
oleh ahli pembelajaran dapat menciptakan komunikasi
interaktif (dua arah) antara peserta didik dengan
materi yang disajikan didalam program komputer.
Bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih dengan
mengutamakan proses interaksi dua arah antara peserta
didik dan guru. Artinya kegiatan instruksional yang
terjadi ada komunikasi dua arah.
Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh
Briggs pada tahun 1968, ada interaksi antara karaktristik
peserta didik dengan jenis media pembelajaran tertentu.
Penelitian tersebut mengidentifikasi adanya beberapa
PROFIL GURU MASA DEPAN