Page 178 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 178

156        Karakteristik Kegiatan Instruksional
                Dan Hasil Belajar

               sangat diutamakan, karena proses pembelajaran interaktif
               melibatkan  seluruh  pikiran  peserta  didik,  penglihatan,

               pendengaran, keterampilan, dan sekali gus mengerjakan
               tugas.


                     Peserta  didik  dipacu  untuk  mengemukakan
               pendapatnya, bertanya, menjawab, dan diskusi. Terjadi

               dialog  antara  peserta  didik    dan    guru,    komunikasi
               dua  arah.  Karaktristik  yang  utama  dalam  kegiatan
               instruksional  interaktif  adalah  respon  peserta  didik

               terhadap materi pelajaran dan adanya pemberian umpan
               balik oleh guru terhadap respon tersebut.


                     Program  komputer  yang  dirancang  dengan  baik
               oleh ahli pembelajaran dapat menciptakan komunikasi

               interaktif  (dua  arah)  antara  peserta  didik  dengan
               materi  yang  disajikan  didalam  program  komputer.
               Bahwa  capaian  pembelajaran  lulusan  diraih  dengan

               mengutamakan proses interaksi dua arah antara peserta
               didik  dan  guru.  Artinya  kegiatan  instruksional  yang

               terjadi ada komunikasi dua arah.

                     Menurut  hasil  penelitian  yang  dilakukan  oleh

               Briggs pada tahun 1968, ada interaksi antara karaktristik
               peserta didik dengan jenis media pembelajaran tertentu.
               Penelitian tersebut mengidentifikasi adanya beberapa



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183